Penyemaian benih kiwi atau pembibitan merupakan proses terpenting yang dilakukan sebelum proses penanaman. Dalam proses pembibitan, harus dilakukan dengan benar, tepat dan hati-hati. Sebelum melakukan proses pembibitan buah kiwi, anda harus memperhatikan kondisi serta suhu ruangan terlebih dahulu.

Benih kiwi berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian, akan tetapi untuk menunjang keberhasilan budidayanya selain benih yang berkualitas tentunya perlu adanya teknik penyemaian benih untuk mendapatkan bibit tanaman yang bagus, sehingga saat dipindah tanam pada lahan, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal, di samping itu dengan proses penyemaian terlebih dahulu akan diperoleh keseragaman tanaman dan pertumbuhan tanaman yang kompak dan seragam.

Untuk proses pembibitan pastikan suhu dalam keadaan sejuk, tidak terlalu panas dan agak lembab serta terhindar dari sinar matahari secara langsung. Jika perlu usahakan ruang pembibitan dalam keadaan remang atau sedikit gelap. Hal ini akan membantu proses pembibitan agar lebih cepat.

Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan mengenai Cara Menyemai Benih Kiwi berikut ini :

Rendam biji kiwi menggunakan air hangat selama kurang lebih 4 hingga 6 jam lalu keringkan menggunakan lap.

Simpan biji-biji kiwi dan bungkus menggunakan tisu atau kapas selama satu malam.

Lalu keluarkan biji-biji kiwi dan sebar secara merata di atas media semai berupa tanah humus selama kurang lebih 10 hari hingga daun kecambah mulai tumbuh.

Hindarkan persemaian dari sinar matahari langsung, akan lebih baik jika diletakkan dalam ruangan tanpa cahaya matahari agar proses pertumbuhan kecambah lebih cepat.

Setelah biji-biji kiwi sudah tumbuh dan mempunyai daun, pindahkan ke dalam pot-pot ataupun polybag hingga tanaman kiwi mempunyai batang yang cukup kuat dan cukup besar untuk dipindahkan pada lahan tanam sesungguhnya.

Waktu penanaman yang baik adalah pada pagi atau sore hari.

Demikian ulasan mengenai Cara Menyemai Benih Kiwi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih kiwi ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : ilmubudidaya.com