Hama kutu putih merupakan salah satu hama yang dapat menyerang semua tanaman seperti sayuran, buah-buahan tidak terkecuali pohon pepaya. Gejala serangan bisa lewat daun, buah dan ranting.

Cara kutu putih menyerang tanaman adalah dengan menghisap cairan pada bagian daun dan pucuk tanaman yang dapat berakibat daun mengkerut dan pucuk tanaman menjadi kerdil. Selain itu kutu putih memiliki kemampuan terbang yang memudahkannya untuk berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain dengan sangat cepat. Kutu putih juga dapat mengeluarkan embun yang dapat mengundang datangnya semut. Selain menyerang pada bagian daun dan batang tanaman, kutu putih juga menyerang pada bagian buah sehingga menurunkan hasil produksi panen.

Apabila tidak dilakukan pengendalian dengan segera maka dapat mengakibatkan tanaman menjadi merana. Jika serangan masih sedikit pengendaliannya dapat dilakukan secara sederhana menggunakan larutan deterjen yang di semprotkan pada tanaman terserang, akan tetapi jika serangan sudah parah pengendaliannya menggunakan pestisida kimia sintetis.

Untuk mengetahui Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman Pepaya California silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Sebelum dilakukan pengendalian kimiawi menggunakan pestisida kimia sintetis, terlebih dahulu petiklah buah yang sudah tua atau hampir matang dan masih masih layak dikonsumsi. Bersamaan dengan itu lakukanlah pengendalian secara mekanis yaitu dengan memangkas dan memusnahkan bagian tanaman yang terserang, baik itu buah, daun atau rantingnya untuk mengurangi populasi kutu putih tersebut.

Selanjutnya lakukan pengendalian hama kutu putih secara kimiawi yaitu dengan penyemprotan insektisida dengan bahan aktif deltametrin, profenofos, sipermetrin, abamektin, imidakloprid dan sebagainya. Untuk dosis aplikasinya sesuaikan saja dengan label yang biasanya tertera pada kemasan produk insektisida tersebut. Seperti contoh penggunaan insektisida dengan merek dagang decis dosis penggunaanya adalah 2-3 ml per liter air.

Campurkan insektisida sesuai dosis ke dalam air, tambahkan perekat pestisida sesuai dosis. Perekat pestisida ini secara umum memiliki fungsi untuk membantu membasahi, menempelkan dan meratakan larutan pestisida yang sedang diaplikasikan ke tanaman.

Untuk memudahkan dalam pencampuran insektisida dengan air sebaiknya menggunakan wadah semacam ember, setelah tercampur merata barulah dimasukkan ke dalam sprayer. Usahakan dalam penggunaan insektisida ini jangan sampai bersentuhan langsung.

Semprotkan larutan insektisida tersebut ke seluruh bagian tanaman secara merata, terutama bagian yang terserang hama kutu putih. Aplikasi penyemprotan dilakukan pada sore hari.

Jika setelah penyemprotan pertama masih terdapat gejala serangan hama kutu putih, penyemprotan dapat diulangi satu minggu sekali.

Perlu diingat, bahwa setelah melakukan penyemprotan menggunakan insektisida kimia ini, jangan mengkonsumsi buahnya minimal 2 minggu dari waktu penyemprotan.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman Pepaya California, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pestisida, benih pepaya california ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN