Penyakit kanker batang adalah salah satu penyakit penting bagi tanaman kakao yang disebabkan oleh infeksi cendawan phytophthora palmivora pada batang dan tanaman kakao. Cendawan phytophthora palmivora  ini juga merupakan penyebab busuk buah kakao.

Penyakit kanker batang pada tanaman kakao ini memiliki gejala seperti kulit batang pohon berwarna lebih gelap atau kehitam-hitaman, sering terdapat cairan kemerahan yang tampak seperti lapisan karat, jika lapisan kulit luar dibersihkan maka tampak lapisan di bawahnya membusuk.

Penyakit kanker batang ini cukup berbahaya karena jika tidak segera dilakukan pengendalian, bercak yang terdapat pada batang akan terus meluas dan menghambat transportasi hara dan fotosintat dalam tanaman yang dapat berujung pada kematian tanaman kakao tersebut.

Penyakit kanker batang ini dapat menyebar melalui beberapa media seperti sentuhan langsung dengan buah yang terserang busuk buah, percikan air, disebarkan melalui hewan seperti semut atau tupai dan juga melalui tiupan angin.

Penyebaran kanker batang ini berbanding lurus dengan penyebaran penyakit busuk buah dan penyebarannya akan semakin cepat saat musim hujan atau jika kondisi kebun terlalu lembab. Dalam satu pohon kakao yang sudah terinfeksi, penyakit kanker batang dapat terjadi karena patogen yang menginfeksi buah menjalar melalui tangkai buah lalu mencapai batang ataupun sebaliknya.

Jika tanaman kakao sudah terinfeksi kanker batang dalam skala yang berat maka sangat mustahil untuk dipulihkan, karena batang telah rusak busuk dan tidak ada lagi transportasi hara dan fotosintat. Untuk menghindari penyebaran dan memutus siklus patogen tersebut maka tanaman yang terinfeksi ini harus segera dibongkar dan bagian tanaman yang terserang harus dimusnahkan dengan cara ditimbun atau dibakar.

Maka dari itu jika terindikasi gejala-gejala kanker batang ini harus segera dilakukan pengendalian sebelum menyebar ke seluruh bagian tanaman. Untuk mengetahui Cara Mengatasi Kanker Batang Pada Tanaman Kakao lebih lanjut, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Teknis pengendalian penyakit kanker batang diantaranya adalah dengan mengupas kulit batang yang terserang dan yang membusuk hingga batas bagian yang sehat, kemudian mengoleskan air perasan kunyit pada bagian yang telah dikupas tersebut. Air perasan kunyit juga dapat diganti dengan fungisida kontak dengan bahan aktif tembaga seperti merek dagang Nordox dan sebagainya. Penggunaan fungisida ini harus dilakukan dengan teratur sesuai anjuran dan petunjuk penggunaan serta dosis yang tertera pada kemasan fungisida.

Dan yang terpenting sebagai tindakan pencegahan adalah menerapkan praktek perkebunan yang baik seperti pemangkasan teratur untuk sirkulasi udara dan pengaturan cahaya ke bagian tanaman. Lakukan pula pemupukan menggunakan pupuk dengan unsur hara P dan K yang dominan untuk meningkatkan daya tahan tanaman.

Selain itu lakukan pula sanitasi kebun seperti sisa pangkasan, sanitasi terhadap sisa busuk buah dan cabang yang terinfeksi. Sanitasi ini sangat dianjurkan untuk menghindari penyebaran yang lebih masif.

Selanjutnya pengaturan pohon pelindung sehingga area kebun tidak terlalu lembab dan intensitas cahaya lebih maksimal.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Kanker Batang Pada Tanaman Kakao, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli fungisida, benih kakao ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube AGRONOMIST