Banyak  para petani yang berhasil menanam jambu air madu dalam pot dengan baik dan tumbuh subur, tetapi disaat proses pembuahan banyak dari mereka yang kecewa karena dari bunga  ataupun bakal buah yang lebat tidak menghasilkan buah yang maksimal, bahkan rontok.

Berikut ini cara mengatasi jambu madu rontok, mari simak penjelasannya berikut ini.

Ada beberapa faktor penyebab rontoknya jambu madu dalam pot yaitu

  1.      Jamur
  2.      Terlalu padatnya perakaran serabut dalam pot
  3.      Salah pengontrolan air/penyiraman

Jamur

Jamur yang menjadi penyebab rontoknya buah jambu air madu adalah jamur yang berada pada perakaran yang biasa disebut dengan jamur upas atau jamur putih, untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan mengambil atau mencongkel tanah dalam pot di sekitar perakaran.

Jamur upas yang menyerang tanah, berupa benang-benang putih

Jika tanah tersebut dibuka akan tampak jelas, meskipun tanah dalam pot lembab  tetapi tanah disekitar perakaran kering karena dilapisi jamur upas tersebut sehingga akar tidak berfungsi  menyerap air apalagi nutrisi, jika hal itu terjadi maka transfusi nutrisi ke tanaman tidak bisa berjalan maksimal.

Terlalu padatnya perakaran serabut dalam pot

Untuk mengetahuinya lakukan pencongkelan tanah sedikit lebih dalam dari yang pertama.

Akibat dari perakaran yang terlalu padat, maka satu persatu akar tersebut akan lapuk/mati. Kebanyakan dari para petani tidak memperhatikan hal ini.

Untuk mengatasi kedua hal tersebut, yaitu melakukan replanting pot untuk perbaikan perakaran dengan membuang perakaran yang lama dilanjutkan dengan mengganti media untuk menumbuhkan perakaran baru untuk menyerap nutrisi.

Salah pengontrolan air/penyiraman

Tanaman yang kekurangan air lebih baik dari tanaman yang kelebihan air, karena tanaman yang kekurangan air akan terlihat nyata biasanya terlihat dari layunya daun. Sedangkan tanaman dalam pot  yang kelebihan air, pada bagian bawah pot akan becek berlumpur sehingga akar tidak bisa bernafas karena sirkulasi udara didalam pot tidak sempurna. Oleh karena itu meskipun tanaman disiram teratur pagi dan sore daun tanaman terlihat kusam, pertumbuhannya terhambat.

Maka dari itu pengontrolan media tanam dalam pot sangat perlu dilakukan, baik itu

tanaman buah-buahan atau lainnya.

Demikian penjelasan cara mengatasi jambu madu rontok semoga bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit jambu madu silakan kunjungi SentraTani.com     

 

Artikel Terkait

Cara Stek Pucuk Jambu Air Madu Sebelum melakukan stek tanaman jambu air madu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar stek anda berhasil. Berikut ini kami paparkan cara ...