Ada banyak jenis kopi yang dibudidayakan, akan tetapi kopi yang komersial sebenarnya ada 3 yaitu,

  1. Robusta

Kopi robusta merupakan kopi yang dominan dibudayakan di Indonesia luasnya lebih dari 1 juta hektar. Kopi ini ditanam di dataran rendah dibawah 800 mdpl.

  1. Arabika

Kopi arabika merupakan kopi yang menjadi tren dunia, akan tetapi di Indonesia luasnya hanya 20%, kebalikan dari permintaan pasar dunia, permintaan kopi robusta di pasar dunia hanya 20% sedangkan arabika 80%, sementara di Indonesia budidaya kopi robusta 80% sedangkan kopi arabika hanya 20% saja.

  1. Liberika

Kopi liberika di Sumatera dikenal dengan kopi nangka atau kopi Robinson,merupakan kopi besar yang biasanya ditanam di daerah pasang surut  atau daerah pantai.

Jika anda tertarik membudidayakan kopi berikut ini penjelasan cara menanam kopi dari biji.

Produksi benih kopi umumnya dilakukan melalui biji untuk jenis arabika dan dengan  stek untuk robusta dan liberika. Biji kopi yang digunakan sebagai benih diperoleh dari pohon induk yang sehat dan buah yang berwarna merah, buah kopi diambil dari bagian tengah cabang dan dipetik satu prsatu agar tidak merusak bunga. Buah kopi yang digunakan sebagai benih merupakan hasil petik putaran ke 2  hingga menjelang akhir.

Benih kopi yang telah siap semai kemudian ditanam dalam bedengan dengan media tanam berupa tanah, pasir dan pupuk kan dang dengan perbandingan 3:2:1.Benih kopi dibenamkan sedalam 0.5 cm dengan permukaan benih rata menghadap kebawah.

Jarak tanam ideal untuk persemaian kopi adalah antar benih 3-5 cm dan jarak antar barisa 20-25 cm.

Tahap Pembibitan

Agar tidak terkena sinar matahari secara langsung maka bedengan harus diberi naungan seperti pohon lamtoro, pohon dadap, suren, buah-buahan, petai, alpukat dll.dengan syarat peneung tidak menjadi penghalang, pesaing ataupun sarang hama penyakit bagi tanaman kopi.

Jika pembibitan menggunakan metode stek, digunakan entres yang berusia 3-6 bulan. Entres yang telah dipilih kemudian dipotong 1 ruas sepanjang 6-8 cm dan memiliki sepasang daun.

Ujung pangkal stek diruncingkan agar mudah ditanam di media.

Tahap Penanaman

Buat lubang tanam dengan ukuran 60x60x60 cm tiga bulan sebelum tanam untuk menetralisir zat/racun tanaman, agar baris tanaman lurus lakukan pengajiran saat membuat lubang.

Jarak tanam ideal tanaman kopi adalah

  • Untuk kopi Robusta 2,5 m x 2,5 m ( 1 hektar sekitar 1600 tanaman )
  • Untuk kopi Arabika 2,5 m x 2 m ( 1 hektar sekitar 1600 tanaman )
  • Untuk kopi Liberika 4 m x 4 m atau 5 m x 5 m ( 1 hektar sekitar 400-500 tanaman )

Hama dan penyakit tanaman kopi

Agar budidaya tanaman kopi dapat memberikan hasil maksimal, selain dengan memilih benih yang baik dan sehat, antisipasi serangan hama dan penyakit perlu dilakukan sejak dini dan juga lakukan perawatan tanaman dengan baik secara berkala.

Hama yang biasa menyerang tanaman kopi yaitu penggerek buah, hama ini menggerek, memakan buah kopi muda maupun tua sehingga buah berlubang sehingga produksi turun dan kualitas kopi menjadi rendah.

Hama penggerek buah ini merupakan hama utama tanaman kopi, hama ini dapat menurunkan produksi 30-60% , bahkan di luar negeri seperti Uganda bisa menurunkan produksi 80-90%.

Sedangkan penyakit yang menyerang tanaman kopi adalah karat daun, biasanya berada pada bagian bawah daun, Penyakit ini disebabkan oleh  jamur Hemelia Vastratix B. dan menyebar melalui percikan-percikan air hujan. Gejala penyakit karat daun mula-mula pada bagian bawah daun kopi terdapat bintik-bintik warna kuning terang lalu berubah menjadi kuning tua. Bintik-bintik tersebut dipenuhi serbuk jingga yang akhirnya menjadi bercak-bercak hitam.

Penyakit ini dapat ditangani dengan naungan, pangakasan maupun pemupukan. Namun yang lebih efektif adalah pemupukan akan sangat membantu mengendalikan penyakit karat daun kopi.

Tahap pemanenan

Tanaman kopi yang kita lakukan perawatan secara benar dan dari jenis bibit varietas unggul,akan panen pertama di usia 3-4 tahun.Semua tergantung dari perawatan,pupuk,serta bibit yang kita gunakan.dan akan mampu membuahkan hasil buah yang sangat berlimpah ketika tanaman kopi telah mencapai umur 10 tahun

Demikian penjelasan cara menanam kopi dari biji, semoga bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih, bibit, pupuk, pestisida dan perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com