Media tanam dalam pot/polybag ketika dipakai untuk menanam dan tentunya sering disiram, seiring berjalannya waktu akan memadat dan mengeras sehingga pertumbuhan tanaman dalam pot/polybag tersebut tidak tumbuh dengan optimal karena media tanam yang seperti itu tidak baik untuk tanaman, hal ini tidak akan terjadi jika sejak awal kita membuat media tanam dalam pot atau polybag secara benar.

Media tanam yang baik biasa dikenal dengan SSG yaitu subur steril dan gembur, sehingga tanaman yang dibudidayakan dalam pot/polybag dapat tumbuh optimal.

Berikut ini penjelasan dan tahapan cara membuat media tanam dalam pot dan polybag yang SSG.

Bahan utama untuk membuat media tanam dalam pot/polybag paling tidak terdiri dari 3 macam, yaitu tanah, kompos, dan arang sekam, berikut ini penjelasannya :

Tanah

Tanah disini yang digunakan adalah tanah top soil atau tanah pekarangan bagian atas karena tanah bagian atas adalah tanah yang subur.

Kompos

Sedangkan kompos jika dilihat dari bahan utamanya ada beberapa macam, kompos dari daun-daunan, limbah rumah tangga dan yang paling bagus adalah kompos dari kotoran hewan.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa kompos dari kotoran hewan itu ada 2 macam, yaitu kotoran hewan yang melakukan fermentasi secara alami seperti kotoran hewan yang didiamkan beberapa tahun tanpa ada campur tangan manusia sehingga menjadi kompos secara alami. Dan juga anda kompos dari kotoran hewan yang sengaja kita fermentasi.

Keduanya sama-sama menjadi kompos, akan tetapi perbedaanya adalah kompos yang terfermentasi secara alami cenderung masih terdapat bibit gulma dan patogen di dalamnya, karena proses fermentasinya tidak merata dan menyeluruh, sehingga bibit gulma dan patogen tidak mati, berbeda dengan fermentasi yang kita lakukan sendiri yang mana semua bagian akan terfermentasi dan terkena suhu tinggi sehingga bibit gulma dan patogen akan mati sehingga menjadi steril.

Arang Sekam

Bahan ketiga yaitu arang sekam yang mudah didapat dan cara membuatnya pun mudah, atau anda juga bisa membelinya di toko-toko pertanian.

Kemudian campurkan tiga bahan tersebut  dengan perbandingan 1:1:1, sehingga akan terbentuk media tanam yang subur, steril dan gembur.     

Demikian penjelasan dan tahapan cara membuat media tanam dalam pot dan polybag yang SSG, semoga bermanfaat.

Untuk membeli benih, bibit, pupuk, pestisida dan perlengkapan pertanian silakan kunjungi SentraTani.com