Cara Mengatasi Hama Thrips Pada Cabai

Salah satu jenis hama yang biasa menyerang tanaman cabai adalah thrips.  Thrips adalah hama kutu dengan ukuran tubuh yang sangat kecil panjangnya 1-1,2 mm berwarna hitam dengan bercak warna merah, thrips dewasa memiliki sepasang sayap dan berambut di tubuhnya, hama thrips pada fase nimfa berwarna putih kekuningan dan tidak bersayap. Hama ini memiliki mobilitas  yang sangat tinggi, mudah meloncat dari satu tanaman ke tanaman lainnya. Hama thrips berada pada permukaan daun bagian atas dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

Pada musim kemarau perkembangan hama sangat cepat, sehingga populasi lebih tinggi sedangkan pada musim penghujan populasinya akan berkurang karena banyak thrips yang mati akibat tercuci oleh air hujan.

Hama Thrips menghisap cairan tanaman sehingga terjadi ketidakseimbangan sel dan hormon tanaman yang menyebabkan  pertumbuhan tanaman abnormal (daun keriting) dan seluruh permukaan daun menguning, bentuk daun lebih kecil dari ukuran normal, daun melengkung ke dalam dan kaku kemudian sebagian rontok.

Serangan hama thrips juga mengakibatkan kerontokan bunga cabai dan mengakibatkan menurunnya produktivitas.

Pada serangan berat menyebabkan daun, tunas atau pucuk menggulung ke dalam dan muncul benjolan seperti tumor, pertumbuhan tanaman terhambat dan kerdil bahkan pucuk tanaman menjadi mati.

Untuk mengetahui cara mengatasi hama thrips pada cabai, silakan simak penjelasannya berikut ini.

SANITASI LAHAN

Sanitasi lahan adalah pembersihan lahan untuk memudahkan perakaran tanaman berkembang dan menghilangkan gulma yang bisa saja menjadi tumbuhan inang bagi hama dan penyakit yang mungkin ada, serta memberantas/mengendalikan kontaminan mikro organisme (hama dan penyakit yang berada dalam tanah).

Pembersihan gulma/rumput penting untuk dilakukan karena bisa jadi gulma tersebut menjadi tanaman inang bagi hama thrips. Tanaman inang hama thrips ini cukup banyak jenisnya, setidaknya ada 22 jenis.

Related Post

Selain itu tumbuhnya gulma di sekitar tanaman cabai juga cukup merugikan karena dengan keberadaannya, gulma juga juga turut serta menyerap unsur hara dari tanah yang sedianya untuk tanaman cabe tapi malah direbut oleh gulma.

MENGGUNAKAN PESTISIDA

Penggunaan pestisida kimia dinilai lebih cepat dan ampuh dalam mengatasi hama. Namun sebaiknya digunakan jika serangan hama thrips tersebut telah melebihi ambang batas wajar.

Pestisida yang cukup ampuh untuk mengatasi hama thrips adalah insektisida  dengan bahan aktif abamektin, seperti misalnya merek dagang Demolish 18EC.

Atau untuk pestisida yang lebih lengkap bisa juga menggunakan pestisida dengan bahan aktif diafentiuron 500 g/l, seperti merek dagang Pegasus, karena pestisida ini memiliki kandungan ganda yaitu insektisida untuk membasmi thrips dan akarisida untuk membasmi kutu. Hal ini dikarenakan penyebab keriting daun cabai selain thrips adalah kutu daun.

Dan agar lebih efektif serta agar tidak terjadi resistensi pada hama, cara aplikasinya adalah dengan cara rolling atau bergantian dengan interval 3 hari sekali. Adapun dosisnya sesuaikan saja dengan dosis yang tertera pada label kemasan.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Hama Thrips Pada Cabai, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli insektisida, benih cabai ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Bumi Kita