Dalam budidaya tanaman tak terkecuali bidara arab, tentu tidak lepas dari serangan hama dan penyakit, salah satu contoh serangan hama pada tanaman bidara arab adalah daunnya keriting dan menggulung dan juga terdapat bercak putih yang muncul pada batang dan ranting sehingga tanaman terganggu dalam proses pertumbuhannya, hal ini disebabkan oleh hama kutu putih dan thrips.

Kutu putih dapat menyebabkan daun menjadi keriting dan akan menyebabkan proses fotosintesis pada daun terhambat, karena kutu putih dapat meninggalkan bercak hitam seperti bubuk arang yang menempel pada daun sehingga daun terhambat dalam melakukan proses fotosintesis atau asimilasi, daun pada tanaman juga menjadi klorosis.

Untuk mengendalikannya berikut ini kami ulas mengenai Cara Mengatasi Daun Bidara Arab Keriting Dan Menggulung.

PEMANGKASAN

Pemangkasan dilakukan pada cabang-cabang dan daun yang terserang oleh hama dengan tujuan agar populasi hama tidak cepat berkembang pada daun dan cabang lainnya.

Pemangkasan juga dilakukan pada ranting dan daun yang tidak produktif, tunas air, dan bagian tanaman yang rusak dimana hal ini bisa menyehatkan tanaman. Matahari jadi bisa lebih leluasa menyinari seluruh bagian tanaman. Selain itu, sirkulasi udara pun bisa merata ke seluruh bagian tanaman.

Pemangkasan ini mutlak diperlukan, agar tanaman cepat berbuah. Tanaman yang tidak pernah dipangkas, pertumbuhan cabang dan tajuknya akan kurang teratur, saling berhimpitan, tidak proporsional sehingga tidak bisa berfotosintesis dengan sempurna.

Dengan demikian, daun menjadi lebih produktif dalam menghasilkan karbohidrat yang tersimpan sebagai cadangan dalam jaringan, dan itulah nantinya yang akan mendorong tanaman untuk segera berbuah.

Pemangkasan ini juga bertujuan agar produktivitas tanaman meningkat sehingga dapat menghasilkan buah lebih banyak jika dibandingkan dengan tanaman bidara arab yang tidak dilakukan pemangkasan.

Lakukan pemangkasan dengan hati-hati karena pada tanaman bidara arab ini banyak terdapat duri tajam pada cabang dan ranting-rantingnya.

PENGGUNAAN INSEKTISIDA

Untuk mengendalikan hama kutu putih dan thrips pada tanaman bidara arab, lakukan penyemprotan pada tanaman yang terserang menggunakan insektisida dengan bahan aktif diafentiuron 500 g/l. Pilihlah insektisida yang bersifat akarisida, di mana insektisida yang bersifat akarisida ini berfungsi untuk memberantas jenis–jenis tungau atau kutu pada tanaman.

Adapun untuk dosisnya disesuaikan dengan yang tertera pada label kemasan insektisida tersebut.

Tambahkan pula perekat dengan dosis 5 ml/ 5 liter air, agar insektisida dapat bekerja dengan optimal.

Lakukan penyemprotan pada seluruh bagian tanaman bidara arab, penyemprotan dilakukan pada pagi atau sore hari.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Daun Bidara Arab Keriting Dan Menggulung, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman bidara ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN