Cara Mudah Semai Benih Pepaya California

Sebelum benih pepaya ditanam pada lahan sebaiknya disemai terlebih dahulu karena jika benih ditanam langsung pada lahan akan menyulitkan perawatannya karena setiap tanaman muda itu harus diperhatikan satu per satu. Dengan disemai terlebih dahulu, bisa dipilih hanya tanaman yang sehat dan seragam pertumbuhannya yang ditanam di lahan sehingga pemeliharaan akan lebih mudah dan teratur.

Cara menyemai benih pepaya California sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, sehingga andapun dapat melakukannya sendiri.

Penyemaian benih pepaya California terbagi menjadi 2 cara, yaitu penyemaian pada bedengan dan penyemaian polybag.

Berikut ini ulasan lengkap Cara Mudah Semai Benih Pepaya California.

Penyemaian di bedengan

Bedengan dibuat membujur dari Utara ke Selatan agar bibit mendapat sinar matahari secara merata.

Buat bedengan dengan lebar 1-1,2 m, tinggi 20-30 cm dan panjang sesuai kebutuhan. Bedengan diberi naungan  untuk menghindari guyuran air hujan atau terik sinar matahari. Atap naungan dibuat lebih tinggi di bagian sebelah timur yaitu 1-1,5 m dan  di sebelah barat dibuat lebih rendah dengan ketinggian 60-80 cm.

Lahan untuk bedengan digemburkan hingga halus dengan cara dicangkul sedalam 20 cm, kemudian campur dengan pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan (1:1:1). Biji disemai dengan cara tanam bibit dengan kedalaman ½ cm dengan jarak 10 cm x 10 cm, dan lakukan penyiraman setiap hari.

Biji akan berkecambah pada usia 12-14 hari setelah tanam. Saat bibit semaian berumur 2-3 minggu (dari saat berkecambah), dapat dipindah ke dalam polybag yang telah diisi dengan media berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Pemindahan bibit semai harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak perakaran.

Setelah bibit berumur 40-50 hari dengan tinggi berkisar 15-25 cm, sudah dapat pindah ke lahan penanaman sesungguhnya.

Penyemaian di polybag

Siapkan polybag dan isi dengan media dengan komposisi tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Buat lubang tanam pada media dalam polybag dengan kedalaman ½ cm dan masukkan 1 biji pada setiap lubang tanam. Pada setiap polybag ditanam 3-4  biji untuk menjaga jika ada biji yang tidak tumbuh.

Cara ini lebih praktis dan efisien, tetapi kadang-kadang pertumbuhan semai tidak seragam.

Setelah bibit berumur 40-50 hari dengan tinggi berkisar 15-25 cm, sudah dapat pindah ke lahan penanaman sesungguhnya.

Demikian penjelasan mengenai Cara Mudah Semai Benih Pepaya California, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih pepaya california silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Balitbu Tropika Kementerian Pertanian