Cara Mengatasi Busuk Batang Buah Naga

Penyakit busuk batang pada buah naga merupakan salah satu faktor penghambat produksi karena dapat menyebabkan tanaman menjadi tidak produktif, sehingga perlu dilakukan upaya pengendalian.

Pada umumnya penyakit busuk batang menyerang pada awal penanaman buah naga. Beberapa cendawan patogen penyebab penyakit busuk batang kuning adalah Bipolaris cactivora, Fusarium proliferatum dan Fusarium Solani.

Gejala serangan yang ditemukan cukup bervariasi seperti, busuk batang pada bagian bawah/pangkal batang dengan warna kuning atau coklat, busuk lunak pada pinggir/tepi batang dengan warna coklat dan kuning, busuk lunak pada cabang produktif atau ujung batang, busuk batang dengan bercak kuning dan hitam mirip serangan antraknosa.

Penanganan segera terhadap penyakit ini diperlukan untuk menghindari penurunan produksi secara signifikan. Salah satu langkah pengendalian penyakit yang disebabkan oleh cendawan adalah dengan menggunakan fungisida kimia yang tepat. 

Nah untuk mengetahui cara mengatasi busuk batang buah naga menggunakan fungisida kimia, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Fungisida yang cukup ampuh untuk mengendalikan busuk batang adalah fungisida berbahan aktif mankozeb 64 % + mefenoksam 4 % seperti misalnya merek dagang Ridomil Gold MZ 4/64 WP.

Related Post

Fungisida tersebut berfungsi untuk mengendalikan penyakit busuk buah, busuk daun dan busuk batang pada tanaman pertanian. Ridomil Gold MZ termasuk fungisida jenis sistemik dan kontak yang bersifat mencegah dan mengobati penyakit langsung ke pusatnya. Ridomil Gold MZ memiliki kandungan dua bahan aktif yang berfungsi mengendalikan penyakit baik dari bagian dalam atau dari bagian luar tanaman. Ridomil Gold MZ sangat baik untuk mengendalikan tanaman yang disebabkan oleh jamur atau cendawan dan juga sangat efektif dalam mengendalikan penyakit busuk batang pada tanaman buah naga.

Selain itu tambahkan pula fungisida dengan bahan aktif benomil seperti misalnya merek dagang Benlox, fungisida ini merupakan fungisida sistemik yang bersifat protektif dan kuratif.

Larutkan semua bahan fungisida tersebut diatas ke dalam air sesuai dosis pada kemasan masing-masing produk.

Aplikasikan dengan cara menyemprotkannya ke seluruh bagian tanaman buah naga tanpa terkecuali. Waktu aplikasi terbaiknya adalah sore hari saat matahari sudah tidak bersinar terik dan dilakukan dengan interval 2 minggu sekali.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi busuk batang buah naga, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli fungisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube fatkur Rozi PSIKOLOG NAGA