Dalam budidaya tanaman jambu kristal tentu tidak terlepas dari kendala yang dapat menyebabkan proses pertumbuhan dan produksi buahnya tidak optimal. Diantara kendalanya adalah kerontokan bunga, padahal bunga inilah yang diharapkan untuk menjadi buah, sehingga kerontokan bunga tersebut dapat mengurangi produktivitas tanaman.

Jika pada tanaman jambu kristal yang anda budidayakan juga mengalami hal yang sama, tidak perlu khawatir karena dari permasalahan pastinya ada solusi untuk mengatasinya. Lantas apa saja solusi atau Cara Mengatasi Bunga Jambu Kristal Rontok? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

PENYEBAB KERONTOKAN

Sebelum menentukan langkah apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kerontokan bunga jambu kristal, terlebih dahulu harus kita cari apa penyebabnya agar langkah yang dilakukan nantinya tepat sasaran. Penyebab kerontokan bunga jambu kristal ini setidaknya ada 3 hal yaitu:

  1. Tanaman masih kecil

Tanaman jambu kristal yang masih kecil atau tanaman yang masih berusia muda (baru ditanam) yang baru pertama kali berbunga itu biasanya secara alamiah bunganya akan rontok, bahkan meskipun diberi treatment/perlakuan khusus ataupun obat masih berkemungkinan besar akan rontok. Hal ini karena pada tanaman yang masih muda struktur akar dan juga batangnya belum bisa memenuhi suplai nutrisi untuk pembuahan karena memang masih terfokus pada pertumbuhan tanaman.

  1. Kekurangan nutrisi

Pada saat tanaman jambu kristal memasuki fase berbunga dan berbuah, tanaman membutuhkan nutrisi untuk proses pembungaan dan pembuahan tersebut, terutama yaitu unsur kalium. Nah jika tanaman pada fase ini kekurangan unsur kalium maka dapat menyebabkan kerontokan bunga.

  1. Kekurangan air

Faktor penyebab kerontokan bunga jambu kristal berikutnya adalah tanaman kekurangan air pada saat memasuki fase berbunga. Akan tetapi kebutuhan air ini tidak berlebih, karena jika berlebihan dapat berakibat busuk akar yang justru dapat menyebabkan kematian tanaman.

SOLUSI

Setelah mengetahui penyebab kerontokan bunga pada tanaman jambu kristal maka kita bisa menemukan solusi untuk mengatasinya. Jika melihat penyebab kerontokan tersebut di atas, setidaknya dapat disimpulkan 4 cara untuk mengatasinya, yaitu:

  1. Cukupkan usia tanaman untuk dibuahkan

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa tanaman yang belum cukup umur jika memasuki fase berbunga kemungkinan besar bunganya akan rontok karena memang struktur pada tanaman tersebut masih terfokus pada pertumbuhan tanaman. Lantas pada usia berapa tanaman jambu kristal siap dibuahkan? Usia ideal bagi tanaman jambu kristal untuk dibuahkan minimal 4 bulan sejak penanaman atau sudah pernah berbunga paling tidak 2 kali, nah pada usia dibawah itu pangkas saja bunga yang tumbuh agar tanaman terfokus pada pertumbuhan.

  1. Pemupukan Tanaman

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman dan mencegah kerontokan bunga, pemupukan merupakan salah satu solusinya. Terutama pemberian pupuk dengan kandungan kalium, sebagaimana telah kita ketahui diantara manfaat pupuk kalium ini dapat memperkuat organ tanaman seperti daun, bunga, dan buah supaya tidak mudah rontok. Contoh pupuk yang dapat digunakan adalah KNO3 Putih dimana pupuk ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yaitu sekitar 40%. Cara aplikasinya pada tanaman adalah dengan cara dikocor, sedangkan dosisnya yaitu 1 sendok teh pupuk per 1 gayung air untuk tabulampot jambu kristal dengan ukuran pohon sebesar jempol orang dewasa, dengan interval pemberian 1 minggu sekali.

  1. Penyiraman

Solusi untuk penyebab kerontokan yang selanjutnya pada tanaman yang kekurangan air adalah dengan melakukan penyiraman rutin setiap hari tepatnya pada sore hari. Penyiraman ini secukupnya saja jangan berlebihan karena jika berlebihan dapat berakibat busuk akar yang justru dapat menyebabkan kematian tanaman.

  1. Pangkas pucuk

Cara terakhir untuk mengatasi kerontokan bunga jambu kristal adalah dengan melakukan pemotesan/pemangkasan pucuk (2 ruas pucuk), tujuannya tidak lain adalah agar pertumbuhan tanaman terfokus pada pembungaan dan pembuahan bukan malah terfokus pada pertumbuhan daun dan ranting.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi bunga jambu kristal rontok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit jambu kristal ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Tabulampot Garden