Cara Mencangkok Pohon Alpukat Mentega

Diantara cara pembibitan pohon alpukat yang banyak dilakukan adalah dengan metode cangkok.

Mencangkok adalah suatu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan membiarkan suatu bagian tanaman menumbuhkan akar sewaktu bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman induk dengan cara dan teknik tertentu.

Metode perbanyakan tanaman menggunakan metode cangkok ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan perbanyakan menggunakan biji, diantara keunggulannya adalah mempunyai sifat yang sama dengan induknya, sehingga jika bibit cangkok diambil dari indukan yang berkualitas unggul maka bibit hasil cangkok akan mewarisi sifat unggul tersebut. Tanaman alpukat hasil cangkok juga akan lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan pembibitan melalui biji. Tingkat keberhasilannya tinggi dan juga postur pohon tidak terlalu tinggi.

Jika banyak yang mengatakan bahwa mencangkok alpukat itu sulit tumbuh akar dan harus menggunakan metode cangkok susu agar berhasil, ternyata itu keliru karena alpukat bisa dicangkok dengan metode cangkok biasa namun membutuhkan waktu agak lama yaitu sekitar 2-3 bulan hingga tumbuh akar.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara mencangkok pohon alpukat mentega, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

ALAT DAN BAHAN

  • Pisau yang tajam
  • Pohon induk alpukat mentega
  • Media cangkok berupa cocopeat
  • Bawang merah sebagai perangsang tumbuhnya akar
  • Kantong plastik transparan untuk membungkus cangkokan
  • Tali rafia untuk mengikat cangkokan

TAHAP PENCANGKOKAN

Batang untuk dicangkok pilihlah cabang pohon alpukat mentega yang sudah tua dan dari pohon induk yang berkualitas unggul, sehat, bebas dari hama dan penyakit dan produktivitasnya tinggi.

Setelah cabang/batang ditentukan, buat 2 keratan melingkar dengan jarak 5 cm, kemudian kupas kulit batang pohon di antara keratan tersebut.

Kerik bagian yang dikupas kulitnya hingga kambium atau lendirnya benar-benar bersih, tidak licin dan kering. Pengerikan ini merupakan hal penting karena jika pengerikan tidak benar-benar bersih, pencangkokan akan gagal, karena hanya akan membentuk kalus dan akan menyambung kembali.

Selanjutnya oleskan bawang merah untuk merangsang tumbuhnya akar pada bagian yang akan dicangkok tersebut tepatnya pada keratan bagian atas dimana nantinya merupakan tempat tumbuhnya akar.

Langkah berikutnya adalah membungkus keratan menggunakan media cangkok. Media cangkok yang digunakan yaitu berupa cocopeat yang disiram air hingga lembab, cirinya yaitu jika dipegang terasa dingin tapi tidak basah, jika digenggam bisa menggumpal, akan tetapi jika diperas tidak mengeluarkan air.

Caranya yaitu dengan memasukkan media cangkok secukupnya ke dalam kantong plastik transparan dengan ukuran plastik dan media disesuaikan dengan ukuran batang yang akan dicangkok kemudian ikat.

Belah plastik berisi media cangkok tersebut dan balutkan pada keratan hingga tertutup sempurna kemudian diikat.

Perlu diingat bahwa cocopeat yang dapat digunakan untuk mencangkok adalah cocopeat yang sudah disterilkan dari zat tanin yang terkandung didalamnya, karena zat tanin tersebut dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Cara sederhana untuk menghilangkan zat tanin tersebut adalah dengan mencuci cocopeat. Letakkan cocopeat di atas saringan, alirkan air di atasnya, remas-remas cocopeat hingga air cuciannya jernih, kemudian keringkan dengan menjemurnya dibawah sinar matahari. Sebelum digunakan untuk mencangkok basahi terlebih dahulu cocopeat hingga lembab, jangan terlalu basah, yaitu jika dipegang tidak basah akan tetapi dingin/mengandung air.

Akar pada cangkokan alpukat mentega biasanya sudah tumbuh setelah kurang lebih 2-3 bulan sejak pencangkokan, dan setelah akar tumbuh banyak dan tua maka cangkokan sudah siap dipotong untuk ditanam.

Demikian ulasan mengenai Cara Mencangkok Pohon Alpukat Mentega, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit alpukat mentega maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Yudi W Channel