Cara Mencangkok Jambu Air Madu Deli Merah

Pembibitan atau perbanyakan tanaman jambu air madu deli merah dapat dilakukan dengan cara generatif yaitu dari persemaian biji dan perbanyakan secara vegetatif seperti, grafting, okulasi dan cangkok.

Pembibitan jambu madu deli merah dengan cara mencangkok banyak dipilih oleh pembudidaya, karena cangkok memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan perbanyakan tanaman lainnya. Diantara keunggulannya adalah dapat menghasilkan buah dengan lebih cepat, kualitas buah yang dihasilkan sama dengan induknya, pemanenannya pun mudah karena tanaman dari bibit hasil cangkok lebih pendek.

Untuk mengetahui cara mencangkok jambu air madu deli merah, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

BAHAN DAN ALAT

  • Tanaman induk yaitu pohon jambu air madu deli merah
  • Plastik untuk membungkus cangkokan
  • Tali rafia untuk mengikat cangkokan
  • Media cangkok berupa tanah dan sedikit pupuk kandang yang telah matang
  • Pisau yang tajam

TAHAP PENCANGKOKAN

Pilih pohon indukan yang sudah tua, sudah berbuah dengan kualitas unggul. Tentukan batang atau cabang yang akan dicangkok, pilihlah cabang yang sehat, pertumbuhannya baik dan tidak ada serangan hama penyakit. Pangkas ujung dari cabang tersebut

Tentukan bagian batang yang akan dicangkok, pilihlah bagian yang sudah setengah tua (berwarna kecoklatan) jangan yang masih muda (berwarna hijau).

Kupas kulit luar batang sekitar 3-5 cm panjangnya, dan kerok kambiumnya hingga bersih dan kering.

Diamkan selama 3 hari sebelum dilakukan pembungkusan, tujuannya agar kambium dan sayatan kulit batang benar-benar kering sehingga mempercepat pertumbuhan akar.

Langkah berikutnya adalah membungkus batang cangkok yang telah dikupas kulitnya dengan media cangkok.

Media cangkok yang digunakan adalah campuran tanah gembur yang subur dan sedikit pupuk kandang yang telah matang, aduk hingga tercampur merata dan tambah sedikit air cukup hingga media lembab saja jangan terlalu basah.

Balut batang cangkok dengan media tersebut lalu tutup media dengan plastik kemudian ikat rapat hingga tidak ada celah untuk air yang bisa masuk.

Selama pencangkokan tidak perlu dilakukan penyiraman karena media yang digunakan dalam kondisi lembab.

Setelah satu bulan atau lebih, cangkokan tanaman jambu air madu deli merah biasanya sudah tumbuh akar. Dan dapat dipotong untuk ditanam setelah akar berwarna coklat.

Demikian ulasan mengenai Cara Mencangkok Jambu Air Madu Deli Merah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman jambu air ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan