Dari beberapa metode perbanyakan tanaman buah alpukat, diantara yang cukup populer adalah dengan cara mencangkok. Cangkok ini banyak diminati oleh para pembudidaya tanaman buah karena karena dinilai berhasil dalam mendapatkan bibit tanaman baru yang sifatnya mirip dengan tanaman induk, lebih cepat berbuah dan postur tanaman yang pendek.

Jika biasanya mencangkok menggunakan media seperti tanah, cocopeat ataupun moss, ternyata air juga dapat digunakan sebagai media untuk mencangkok. Lantas bagaimana caranya, apakah bisa tumbuh akar?

Mencangkok pohon alpukat menggunakan media air ini pada prinsipnya hampir sama dengan pencangkokan pada umumnya, hanya saja media yang digunakan berupa air dan juga metode penerapannya berbeda, jika pencangkokan pada umumnya menggunakan plastik untuk membungkus media, pada teknik pencangkokan ini menggunakan botol atau gelas plastik transparan yang diikatkan pada batang cangkok sebagai wadah media cangkok berupa air.

Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya, silakan simak ulasan mengenai Cara Mencangkok Alpukat Media Air berikut ini.

ALAT DAN BAHAN

  • Tanaman alpukat yang akan dicangkok cabangnya, pilihlah yang sehat, bebas dari serangan hama penyakit dan tentunya memiliki produktivitas yang tinggi.
  • Botol atau gelas plastik transparan, bisa juga menggunakan botol atau gelas plastik bekas air mineral.
  • Tali pengikat.
  • Pisau dan gergaji
  • Air
  • Bawang merah sebagai perangsang tumbuhnya akar alami (ZPT).

TAHAP PENCANGKOKAN

Pilihlah batang/cabang alpukat yang akan dicangkok, pada batang tersebut, potong setengah bagian menggunakan gergaji, belah cabang tersebut mulai dari potongan gergaji sepanjang kira-kira 10 cm dari bawah ke atas. Untuk menghindari batang cangkok melengkung ke bawah atau bahkan patah maka berikan tiang penyangga pada batang yang dicangkok tersebut.

Sisipkan botol plastik atau bisa juga menggunakan gelas plastik pada belahan cabang yang telah dibuat sebelumnya, ikat botol plastik pada batang cangkok menggunakan tali pengikat yang telah dipersiapkan.

Tuangkan air pada botol plastik yang telah diikat tersebut hingga merendam belahan batang dalam botol, masukkan bawang merah yang telah dihaluskan/ditumbuk ke dalam air pada botol tersebut, dimana bawang merah ini dipercaya sebagai obat alami sebagai perangsang untuk mempercepat tumbuhnya akar atau ZPT.

Setelah cangkokan berumur kurang lebih 1 bulan dari pencangkokan biasanya akar sudah tumbuh. Dan jika akar sudah tumbuh tambahkan tanah ke dalam botol tersebut. Batang cangkok sudah dapat dipotong dan ditanam setelah akar tumbuh banyak.

Demikian ulasan mengenai cara mencangkok alpukat media air, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman alpukat ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Agropreneur Indonesia