Mencangkok adalah salah satu metode perbanyakan tanaman yang cukup populer dan banyak digunakan oleh petani. Cangkok ini banyak diminati oleh para pembudidaya tanaman karena karena dinilai berhasil dalam mendapatkan bibit tanaman baru yang sifatnya mirip dengan tanaman induk, lebih cepat berbuah dan postur tanaman yang pendek.

Dalam melakukan pencangkokan bagi yang sudah terbiasa mungkin adalah hal yang mudah, akan tetapi bagi yang masih pemula apalagi yang belum pernah sama sekali melakukannya, mencangkok ini memiliki kesulitan tersendiri karena belum memiliki pengalaman dalam hal tersebut.

Untuk menunjang keberhasilan dalam melakukan pencangkokan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, namun pada kesempatan kali ini Kampus Tani tidak akan mengulas keseluruhannya karena penjelasannya akan terlalu panjang, melainkan hanya akan mengulas bagaimana cara membuat media untuk mencangkok.

Media untuk mencangkok yaitu media yang digunakan untuk membalut batang cangkok dimana nantinya dalam media tersebut akar akan tumbuh dan berkembang, maka dari itu agar akar cangkok lebih cepat tumbuh dengan pertumbuhan yang optimal, pembuatan media tanam harus dilakukan dengan benar. Lalu bagaimana cara membuat media cangkok yang benar dan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

BAHAN MEDIA CANGKOK

Bahan media cangkok yang digunakan untuk menunjang keberhasilan proses pencangkokan adalah sebagai berikut:

  1.   Tanah gembur
  2.   Kompos
  3.   Cocopeat
  4.   Vitamin B1
  5.   Air

Perlu diingat bahwa cocopeat yang dapat digunakan media cangkok adalah cocopeat yang sudah disterilkan dari zat tanin yang terkandung didalamnya, karena zat tanin tersebut dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Cara sederhana untuk menghilangkan zat tanin tersebut adalah   dengan mencuci cocopeat. Letakkan cocopeat di atas saringan, alirkan air di atasnya, remas-remas cocopeat hingga air cuciannya jernih, kemudian keringkan dengan menjemurnya dibawah sinar matahari. Cocopeat ini digunakan karena memiliki sifat mudah menyerap dan menyimpan air. Ia juga memiliki pori-pori, yang memudahkan pertukaran udara.

Sedangkan untuk vitamin B1 Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkannya ke dalam air yang akan digunakan untuk menyiram media cangkok tersebut. Jika Vitamin B1 yang digunakan berupa tablet maka sebelum dicampurkan ke air terlebih dahulu untuk dihaluskan dengan cara ditumbuk. Adapun dosis penggunaannya adalah 1 tablet untuk dilarutkan ke dalam 0,5 liter air. Manfaat vitamin B1 ini untuk tanaman cukup banyak, diantaranya adalah:

  • Membantu proses metabolisme jaringan tumbuhan agar berlangsung dengan baik. Dengan begitu, pembentukan energi dari karbohidrat dapat dilakukan.
  • Meningkatkan kemampuan adaptasi dengan lingkungan yang baru.
  • Dapat mencegah dan mengurangi stres pada tanaman.
  • Menjaga tanaman tetap segar. Meski sedang melewati berbagai proses, seperti penanaman, dan pergantian media tumbuh baru (repotting).
  • Mempercepat proses tumbuhnya akar.
  • Melancarkan penyerapan unsur hara.
  • Membantu pertumbuhan jaringan baru jadi lebih cepat.

PROSES PEMBUATAN

Setelah semua bahan media cangkok siap, proses pembuatannya sudah dapat dilakukan. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan tersebut di atas dengan perbandingan antara tanah, kompos dan cocopeat adalah 1:1:1, campurkan semua bahan tersebut dengan mengaduknya hingga tercampur merata.

Lakukan penyiraman menggunakan air yang sudah dicampur vitamin B1, cukup sampai media lembab saja jangan sampai becek, yang ditandai jika dipegang dingin namun jika diperas tidak mengeluarkan air.

Aduk kembali agar tingkat kelembaban dapat merata, dan media cangkok sudah siap untuk digunakan.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Media Untuk Mencangkok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih, bibit tanaman, pupuk maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube saipul annuar,sp