Buah semangka selain memiliki daging buah berwarna merah juga ada yang berdaging kuning dan disebut dengan semangka kuning.

Buah semangka kuning memiliki warna kuning di dagingnya karena kurangnya likopen, yang dikandung oleh semangka merah, sehingga membuatnya berwarna kuning. Likopen adalah senyawa yang memproduksi pigmen kemerahan pada buah maupun sayur, termasuk semangka merah.

Semangka kuning selain dapat ditanam langsung di lahan dapat pula ditanam pada polybag sehingga dapat diletakkan di sekitar pekarangan rumah sehingga memudahkan dalam perawatannya.

Untuk mengetahui Cara Menanam Semangka Kuning di Polybag, silakan simak penjelasannya berikut ini.

MEDIA TANAM

Dalam budidaya semangka kuning dalam polybag ini langkah awal yang dilakukan adalah mempersiapkan media tanam, karena sebelum media tanam siap ditanami harus didiamkan selama minimal 2 minggu terlebih dahulu.

Media tanam yang digunakan berupa campuran tanah subur, sekam padi, pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1, campurkan semua bahan dengan mengaduknya hingga merata, kemudian masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag berukuran 50×40 cm.

Tambahkan pula dolomit atau kapur pertanian yang berfungsi untuk menetralkan keasaman/pH tanah, menambah unsur kalsium dan magnesium pada tanah, sedangkan dosis dolomitnya adalah 1 kg untuk setiap 100 kg media tanam. Kemudian masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag yang telah disiapkan, hingga ¾ bagian polybag saja dan lipat sisanya.

Tambahkan pupuk dasar berupa pupuk NPK dan SP36 dengan dosis masing-masing pupuk 1 sendok makan per polybag. Campurkan pupuk tersebut dengan media tanam bagian atas dalam polybag secara merata.

Diamkan media tanam dalam polybag selama 2 minggu sebelum dilakukan penanaman. Selama media didiamkan tetap lakukan penyiraman agar media tetap dalam keadaan lembab. Media tanam dalam polybag yang siap ditanami ditandai dengan tumbuhnya rumput-rumput kecil di permukaan media dalam polybag tersebut yang berarti media tanam sudah terbebas dari bahan-bahan beracun yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman semangka.

PERSIAPAN BENIH

Pilihlah benih yang berkualitas unggul, karena benih unggul selain memiliki daya kecambah yang tinggi juga memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, sehingga penggunaan bibit unggul ini dapat menunjang keberhasilan budidayanya.

Benih semangka berkualitas unggul sekarang cukup mudah didapatkan di toko-toko pertanian di sekitar anda baik itu offline maupun online seperti SentraTani.com.

Sebelum ditanam terlebih dahulu rendam benih ke dalam air hangat kuku selama 1 jam, kemudian tiriskan hingga kering. Tahapan selanjutnya adalah melakukan pre sowing, caranya yaitu membungkus benih semangka menggunakan kain basah hingga tumbuh akar atau selama 2 hari dan membungkusnya dengan plastik gelap dan meletakkannya di tempat yang gelap pula agar tidak mendapatkan cahaya secara langsung.

Setelah 2 hari pre sowing benih sudah mulai berkecambah atau mengeluarkan akar dan benih siap ditanam.

TAHAP PENANAMAN

Sebelum melakukan penanaman, terlebih dahulu gemburkan permukaan media tanam dalam polybag tersebut beserta pembersihan rumput-rumput atau gulma yang tumbuh selama proses pendiaman.

Buat lubang tanam tepat ditengah polybag sedalam 1-2 cm, masukkan benih semangka dan tutup dengan tanah tipis saja, dalam setiap satu polybag diisi dengan 1 benih.

Sungkup benih menggunakan cup transparan atau gelas bekas air mineral yang telah diberi lubag udara di atasnya, yang fungsinya untuk melindungi kecambah bibit agar tidak patah dan menghindarkannya dari serangan hama, kemudian siram media hingga lembab.

Penyiraman berikutnya cukup dilakukan di sekeliling cup sengkup tanpa harus membukanya.

Setelah 5 hari dari penanaman, benih semangka kuning telah tumbuh akan tetapi belum 100%, dan pada usia tersebut sungkup sudah dapat dibuka.

Demikian ulasan mengenai cara menanam semangka kuning di polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih semangka kuning, ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN