Cara Menanam Sawi Pakcoy Putih Organik

Sawi pakcoy adalah salah satu dari banyak jenis sayuran yang banyak disukai. Hal ini karena selain harganya yang terjangkau juga mudah dan cepat untuk dibudidayakan. Waktu panennya pun sangat singkat, yaitu kurang lebih 30 hari setelah tanam pakcoy sudah dapat dipanen.

Sawi pakcoy ini memiliki 3 macam jenis yaitu pakcoy hijau, pakcoy putih dan pakcoy merah. Dan pada kesempatan kali ini KampusTani akan membahas mengenai bagaimana Cara Menanam Sawi Pakcoy Putih Organik.

Sawi pakcoy putih ini sebenarnya hampir sama dengan sawi pakcoy pada umumnya hanya saja batang atau tangkai daunnya yang berwarna putih sedangkan daunnya tetap berwarna hijau.

Mengapa organik? Karena sayur organik tentu lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi dan aman dari residu bahan kimia. Sayur organik adalah sayur yang dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, baik saat proses pemupukan maupun saat penyemprotan hama.

Budidaya pakcoy putih secara organik ini tidaklah sulit, namun demikian ketelatenan dalam perawatan selama budidayanya sangat diperlukan agar pakcoy putih organik dapat tumbuh dengan optimal. Bahkan pakcoy putih tersebut selain dapat ditanam dalam skala yang luas seperti di persawahan dapat pula ditanam dalam skala kecil untuk konsumsi pribadi di pekarangan rumah.

Nah, untuk mengetahui bagaimana Cara Menanam Sawi Pakcoy Putih Organik, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit tanaman sawi pakcoy putih dapat diperoleh dengan cara menyemai benih atau bijinya, dan agar mendapatkan bibit serta tanaman yang baik nantinya, pilihah benih  yang memiliki kualitas unggul.

Setelah benih siap, tahap selanjutnya adalah menyemai benih  pakcoy putih untuk dijadikan bibit siap tanam.

Caranya, siapkan media semai berupa tanah gembur yang subur, masukkan media semai pada wadah tempat menyemai benih, dan benih siap disemai dengan cara menaburkannya secara merata, berikan jarak dan jangan terlalu rapat. Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari. Bibit yang sudah siap dipindah tanam adalah yang sudah berusia 20 hari setelah semai.

TAHAP PERSIAPAN LAHAN

Lahan untuk menanam pakcoy putih dapat berupa raised bed ataupun bedengan. Jika penanamannya dilakukan di pekarangan rumah, penggunaan raised bed lebih disarankan karena lebih praktis.

Raised bed adalah semacam bak untuk wadah media tanam. Adapun cara membuat raised bed adalah dengan membuat semacam bak tanpa alas, baik itu menggunakan batu bata, genteng ataupun kayu. Sedangkan ukurannya adalah panjang 2 meter, lebar 1 meter tinggi 30 cm, atau sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kondisi lahan.

Tambahkan media tanam di dalam bak tersebut yaitu berupa tanah gembur yang subur dan sekam padi mentah. Aduk hingga merata kemudian rapikan permukaannya dan media tanam pada raised bed tersebut sudah siap ditanami.

TAHAP PENANAMAN

Penanaman pakcoy putih diawali dengan membuat lubang tanam, jarak tanam yang baik adalah sekitar 30×30 cm, adapun kedalamannya yaitu 5 cm, kemudian tanam bibit pakcoy putih dengan memasukkan bibit pada lubang tanam, setiap lubang diisi dengan satu bibit tanaman. Kemudian ikuti dengan penyiraman. Penyiraman berikutnya dilakukan rutin setiap hari pada pagi atau sore hari atau dengan menyesuaikan dengan kondisi lahan serta tanaman.

Setelah 5 hari dari penanaman bibit, tanaman pakcoy putih sudah mulai tampak pertumbuhannya. Pada usia ini lakukan penggemburan tanah disekitar tanaman untuk mempercepat tumbuhnya akar, bersamaan dengan itu lakukan penimbunan pada pangkal batang tanaman sekaligus membuat parit diantara baris tanaman hingga membentuk gundukan semacam guludan.

Pada usia ini pula pemupukan sudah bisa dilakukan. Adapun pupuk yang digunakan adalah pupuk organik, dalam hal ini pupuk yang digunakan adalah POC atau pupuk organik cair dan diaplikasikan dengan cara disiramkan menggunakan gembor. Adapun dosisnya adalah 1 gayung POC untuk dilarutkan ke dalam 18 liter air, atau jika menggunakan POC pabrikan maka sesuaikan saja dosisnya dengan yang tertera pada kemasan.

Cara aplikasinya yaitu disiramkan menggunakan gembor, dan dilakukan setiap 3 hari sekali secara rutin, waktu aplikasinya yaitu pada sore hari.

Untuk mencegah datangnya hama, lakukan pemantauan secara rutin setiap hari, dan jika dijumpai hama misal ulat, maka segera diambil dan dibuang.

Tanaman sawi pakcoy putih yang dibudidayakan secara organik dapat dipanen pada usia 30 hari hari sejak penanaman.

Demikian ulasan mengenai cara menanam sawi pakcoy putih organik, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih pakcoy putih ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube oky channel