Saat menanam melon sendiri, baik di pekarangan rumah ataupun di sawah seringkali menemukan beberapa kendala, seperti melon tidak berbuah, hanya batangnya yang menjalar kemana-mana, jika ada buahnya pun tidak besar, dan biasanya matang buahnya lama, padahal penyiraman dan pemupukan rutin dilakukan.

Jika anda mengalami hal demikian ada beberapa hal yang harus dilakukan, berikut ini kami paparkan bagaimana cara menanam melon agar berbuah besar.

  1. Anda harus merambatkan tanaman melon keatas
  2. Lakukan pemangkasan dan sisakan batang yang muncul dari ruas daun ke 9 sampai 13, dari ruas daun ke 9- 13 itulah yang akan dibuahkan bunganya
  3. Lakukan penyerbukan/polinasi buatan, dan sebelum melakukan polinasi, harus diketahui bahwa melon memiliki bunga jantan dan betina yang terpisah. Bunga betina memiliki bakal buah di pangkalnya, biasanya muncul di ruas pertama dari cabang, bunga jantan tidak memiliki bakal buah, berada di setiap ruas daun dari batang utama (bukan cabang)
  4. Cara melakukan polinasi yaitu, ambil bunga jantan yang sudah mekar,buang kelopak bunganya, tempelkan ke bunga betina, lakukan secara merata, sekitar 3 hari baru akan terlihat hasil polinasinya.
  5. Lakukan seleksi buah, pengikatan buah pada tiang rambatan dan pemangkasan pucuk, pilih buah yang paling bagus, sisakan 1-2 buah saja, buah yang bagus adalah yang besar, lonjong dan tidak rusak. Lakukan pengikatan buah pada tiang rambatan.
  6. Tahapan paling terakhir adalah pemangkasan pucuk, pemangkasan pucuk dilakukan pada ruas daun ke 33. Tunggu sampai buah besar dan matang sempurna, biasanya setelah berumur 2-3 bulan setelah tanam.

Demikian cara menanam melon agar berbuah besar, semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan ands di bidang pertanian.

Untuk membeli benih melon silakan kunjungi SentraTani.com