Cara Menanam Mangga Irwin

Mangga Irwin merupakan varietas mangga introduksi dari Australia yang memiliki keunikan tersendiri dari varietas mangga yang lain, kulit buah mangga irwin berwarna merah keungu-unguan. Warna merah sedikit ungu pada mangga irwin ini muncul disebabkan adanya hormon antosianin. Hormon antosianin berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek. Pada mangga irwin antosianin berkumpul di pangkal buah dekat tangkai, sementara klorofil pemberi warna hijau hanya tersisa sedikit terletak di ujung buah. Pigmen karotenoid yang tersebar merata di kulit buah memberi latar warna kuning.

Rasa mangga irwin perpaduan antara rasa manis dan asam dengan bertekstur daging padat agak berair dengan serat cukup halus serta mengandung sedikit tepung. Ukuran mangga irwin cukup besar dengan berat yang bisa mencapai sekitar 500 gram/buah.

Buah mangga irwin diterima oleh pasar karena rasa, hasil panen, ketahanan terhadap penyakit yang baik ditambah warna yang menarik.

Dengan keunikan yang dimiliki mangga irwin atau mangga ungu ini, banyak orang yang mulai menanamnya baik itu dalam skala besar maupun skala kecil.

Untuk mengetahui bagaimana cara menanam mangga irwin, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

SYARAT TUMBUH

Lahan yang direkomendasikan untuk menanam mangga irwin yaitu lahan yang berada di dataran rendah hingga ketinggian sekitar 700 mdpl.

Memiliki iklim tropis dengan suhu udara sekitar 30-35 derajat celcius serta lahan mendapatkan penyinaran matahari sepanjang hari.

PERSIAPAN BIBIT

Terdapat dua jenis bibit tanaman mangga irwin, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi dan penyambungan). Namun demikian, penggunaan bibit hasil perbanyakan secara vegetatif lebih disarankan karena akan lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan bibit hasil perbanyakan generatif.

Pilihlah bibit yang kita tahu persis sifat-sifatnya, sehat, dan juga bebas dari hama dan penyakit tanaman.

Bibit mangga irwin berkualitas unggul saat ini cukup mudah diperoleh baik itu di toko bibit di sekitar Anda maupun di toko pertanian online seperti SentraTani.com.

Di tempat penjual bibit biasanya bibit mangga irwin ini ditanam dalam polybag siap tanam.

PERSIAPAN LUBANG TANAM

Lubang tanam merupakan tempat dimana akar bibit tanaman yang masih baru memperoleh unsur hara, dengan kata lain lubang tanam merupakan tumpuan hidup pada awal masa pertumbuhan bibit tanaman mangga di lahan. Oleh sebab itu pembuatan lubang tanam harus dipersiapkan dengan baik dan benar.

Gali tanah pada lahan dengan ukuran panjang dan lebar 50 cm dan kedalaman 50 cm.

Campurkan tanah galian dengan pupuk dasar berupa pupuk kandang yang telah matang/telah difermentasi dengan perbandingan 1:1. Taburkan pula 1 genggam furadan untuk membasmi hama uret.

Campurkan pupuk kandang, furadan dengan tanah galian dengan mengaduknya hingga merata. Lalu masukkan pada lubang tanam, siram media tanam dengan air secukupnya. Diamkan hingga minimal 2 minggu dan lubang tanam siap ditanami.

TAHAP PENANAMAN

Buat kembali lubang tanam pada lokasi lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya, cukup seukuran polybag bibit saja.

Tanam bibit pada lubang tanam dengan terlebih dahulu membuka polybagnya, lakukan dengan hati-hati dan usahakan media tanam dalam polybag tidak pecah agar setelah ditanam tanaman tidak stres.

Atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang tersisa hingga pangkal batang. Buat gundukan pada pangkal batang tanaman agar lebih tinggi dari permukaan tanah sekitar, tujuannya adalah agar pada saat musim hujan tidak terdapat genangan air di sekitar tanaman yang dapat menyebabkan busuknya akar.

Padatkan perlahan media tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertopang, kemudian siram dengan air untuk mempertahankan kelembaban.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari terutama pada saat musim kemarau.

Lakukan penyiraman rutin 2-3 hari sekali dan setelah 1-2 bulan tambahkan pupuk kandang di sekitar pangkal batang tanaman.

Demikian ulasan mengenai cara menanam mangga irwin, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit mangga irwin ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Bacaan Terkait

Top Working DurianTop Working Durian

Top working adalah salah satu cara yang digunakan dalam usaha untuk mengganti varietas suatu tanaman yang ada dengan varietas baru tanpa harus mematikan tanaman tersebut dan menggantinya dengan tanaman baru.