Pertolongan Pertama Pada Keracunan Pestisida

Dalam melakukan usaha pertanian, para petani tentu bersinggungan dengan yang namanya pestisida untuk mengendalikan hama serta penyakit atau OPT yang mengganggu tanaman budidaya.

Sebagaimana telah kita ketahui, bahwa sebenarnya pestisida adalah racun yang digunakan untuk melumpuhkan atau bahkan mematikan OPT pada pertanaman serta lahan pertanian. Namun apa jadinya jika tanpa sengaja pestisida tersebut justru malah meracuni petani.

Gejala keracunan pestisida diantaranya adalah pusing, sakit perut, mual, muntah dan diare, pandangan kabur, sesak nafas dan pingsan.

Jika terjadi gejala keracunan pestisida sebagaimana tersebut diatas baik itu pada diri Anda atau pada orang lain maka harus segera dilakukan tindakan pertolongan. Nah, apa saja pertolongan pertama pada keracunan pestisida? Berikut ini ulasan selengkapnya.

  1. Membuka semua pakaian yang dikenakan, misalnya baju, sarung tangan, topi dan sebagainya. Lalu cuci bagian tubuh yang terkontaminasi dengan menggunakan sabun hingga bersih.
  2. Jika yang terkontaminasi atau yang terkena pestisida adalah bagian mata maka basuhlah dengan air mengalir minimal selama 15 menit.
  3. Jika pestisida tertelan, usahakan dimuntahkan dengan menggelitik tenggorokan atau meminum air garam agar muntah.
  4. Jika pestisida terhirup, akan menyebabkan gangguan pernapasan seperti batuk dan sesak. Pertolongan yang dilakukan adalah membawanya ke tempat terbuka dengan kondisi udara yang segar, bisa juga dibantu dengan memberikan oksigen. Buka juga pakaian yang dikenakan jika ketat dan juga semua yang mengganggu pernafasan.
  5. Membawanya ke pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, dan yang penting untuk diingat yaitu bawalah kemasan pestisida yang menyebabkan keracunan tersebut untuk diberikan kepada tenaga medis untuk digunakan sebagai panduan dalam memberikan pertolongan.

Yang perlu untuk menjadi catatan bahwa meskipun pestisida memiliki efek samping bagi petani dan lingkungan sekitar, namun jika penggunaannya dilakukan dengan benar maka pestisida yang diaplikasikan akan memberikan efek perlindungan yang baik bagi tanaman dan petani pun terhindar dari efek sampingnya.

Dan berikut ini kami ulas mengenai bagaimana cara menggunakan pestisida yang aman baik itu bagi petani maupun lingkungan sekitarnya.

  1. Jangan makan dan minum ketika sedang menggunakan pestisida.
  2. Memakai alat perlindungan diri (APD) yang sesuai seperti masker, sarung tangan, baju lengan panjang, topi, kacamata, sepatu dan lain sebagainya.
  3. Mencuci dan membersihkan semua alat yang dipakai setelah selesai digunakan.
  4. Jangan membuang sisa dan bekas pestisida ke air, kolam, parit atau sungai karena dapat menyebabkan pencemaran.
  5. Jangan membawa hewan ternak seperti sapi, kambing dan sebagainya ke area yang baru disemprot pestisida.
  6. Simpan pestisida di tempat yang aman, tertutup, sejuk, kering dan tidak terjangkau oleh anak-anak.
  7. Rusak/hancurkan wadah pestisida yang sudah kosong lalu tanam dalam tanah minimal pada kedalaman setengah meter.

Demikian ulasan mengenai gejala keracunan pestisida, pertolongan pertama pada keracunan pestisida serta cara aman menggunakan pestisida, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan

Bacaan Terkait