Dalam budidaya tanaman lada atau merica dikenal dengan istilah lada panjat dan lada perdu. Lada perdu lebih banyak dipilih untuk dibudidayakan karena biaya budidaya lada panjat yang mahal.

Nah dengan membudidayakan lada perdu ini bisa dijadikan alternatif budidaya lada yang lebih murah tanpa menurunkan produktivitas tanaman. Alasannya karena budidaya lada perdu tidak perlu menggunakan tiang panjat seperti pada lada panjat, sehingga biaya produksinya cukup terjangkau, pemeliharaan dan perawatan yang bisa dibilang cukup mudah, proses panen yang mudah, serta bisa dilakukan tumpang sari dengan tanaman lain serta bisa dibudidayakan pada lahan yang sempit dan juga dapat ditanam dalam pot atau polybag. 

Jika Anda tertarik untuk membudidayakannya, silakan simak penjelasan Cara Menanam Lada perdu Dalam Pot selengkapnya berikut ini.

PERSIAPAN BIBIT

Terdapat dua jenis bibit tanaman lada perdu, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif seperti stek.

Namun untuk budidaya lada perdu dalam pot sebaiknya menggunakan bibit hasil perbanyakan vegetatif yaitu stek karena akan lebih cepat menghasilkan buah, hal in akan berbeda jika pembibitan dilakukan secara generatif karena prosesnya yang cukup lama dan memakan waktu.

Untuk mengetahui cara pembibitan lada perdu melalui stek, silakan baca artikel Kampus Tani sebelumnya yaitu Cara Stek Lada Perdu.

PERSIAPAN POT

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan pot adalah pastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang di dasar pot yang berfungsi mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam.

Pot yang baik harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini penting untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah, jika pot yang anda miliki tidak memiliki kaki, gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Syarat media tanam lada perdu yaitu harus bisa menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah gembur yang subur, pupuk kandang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, campurkan bahan-bahan tersebut dengan mengaduknya hingga merata.

Persiapan media tanam ini dilakukan 2 minggu sebelum penanaman, selama itu letakkan pot berisi media tanam tersebut di tempat terbuka agar terkena sinar matahari dan hujan. Tujuannya agar media tanam benar—benar telah siap dalam arti terbebas dari hama ataupun patogen yang terdapat dalam media tanam tersebut. Media tanam yang sudah siap ditanami ditandai dengan tumbuhnya rumput—rumput kecil pada media tanam tersebut.

TAHAP PENANAMAN BIBIT

Buat lubang tanam, ukurannya sesuaikan dengan besar polybag bibit ( karena biasanya bibit stek ditanam dalam polybag). Masukkan bibit pada lubang tanam dalam pot, buka polybag bibit tanaman, lakukan dengan hati-hati dan usahakan media tanam dalam polybag tidak pecah, letakkan tepat di tengah-tengah pot, atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun bibit hingga pangkal batang.

Padatkan perlahan media tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertopang, kemudian siram dengan air untuk mempertahankan kelembaban.

Simpan pot di tempat yang teduh untuk beradaptasi. Setelah itu bisa diletakkan di tempat terbuka.

Pemupukan lada perdu dalam pot ini dapat dikombinasi menggunakan pupuk kimia dan pupuk organik. Untuk pupuk kimia cukup gunakan pupuk NPK seimbang dengan interval pemberian 1 bulan sekali atau bisa juga 4 bulan sekali dengan dosis 1 sendok makan. Cara aplikasnya dapat langsung ditaburkan di sekeliling tanaman dalam pot atau bisa juga dengan terlebih dahulu melarutkannya dengan air untuk dikocorkan. Sedangkan untuk pupuk organiknya bisa menggunakan pupuk kandang yang telah matang atau melalui proses fermentasi dan ditambahkan sedikit fungisida SACO-P untuk meminimalkan serangan jamur yang dapat menyebabkan kematian pada tanaman lada.

Untuk pengendalian hama serta penyakit sebaiknya menggunakan pestisida organik agar lebih aman untuk tanaman dan lingkungan sekitar, terlebih untuk tanaman lada dalam pot yang diletakkan di pekarangan sekitar rumah.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Lada Perdu Dalam Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit lada perdu ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Kebun Indra Tarigan