Cara Menanam Kale di Polybag

Untuk memanfaatkan lahan kosong di pekarangan sekitar rumah, salah satunya yaitu dengan menanam sayuran. Karena dengan menanam sayuran di pekarangan atau halaman rumah selain untuk menghias tanaman juga untuk memenuhi kebutuhan sayur sehat untuk keluarga.

Diantara sayuran yang cocok untuk ditanam di pekarangan atau halaman rumah adalah sayur kale, karena selain memiliki kandungan gizi yang lengkap dan manfaat yang banyak untuk kesehatan, tanaman sayur kale juga memiliki bentuk daun yang indah sehingga dapat dijadikan hiasan.

Tanaman kale bukan tanaman asli Indonesia, tanaman ini merupakan tanaman asli Mediterania, Eropa, namun meskipun demikian tanaman kale tersebut saat ini dapat ditanam dan tumbuh baik di Indonesia.

Tanaman sayur kale ini dijuluki dengan nama “Ratu Sayuran” karena memiliki kandungan gizi dan vitamin yang jauh melebihi sayuran manapun. Diantaranya adalah vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B, C dan K, juga ada mineral seperti kalsium, potasium, fosfor, magnesium, zat besi dan kalium.

Selain dapat ditanam langsung pada lahan, tanaman kale juga dapat ditanam di polybag sehingga akan memudahkan dalam perawatan serta pemantauannya karena dengan ditanam dalam polybag, dapat diletakkan di pekarangan dekat rumah Anda.

Jika Anda tertarik untuk menanam kale, silakan simak penjelasan lengkapnya mengenai Cara Menanam Kale di Polybag pada artikel berikut ini.

PERSIAPAN BIBIT

Langkah awal dalam budidaya sayur kale adalah mempersiapkan bibitnya untuk ditanam. Bibit kale ini dapat diperoleh melalui penyemaian benih/biji, maka dari itu siapkan benih kale berkualitas unggul, karena benih berkualitas unggul memiliki daya tumbuh yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih menjanjikan.

Benih-benih kale berkualitas saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian, seperti di SentraTani.com.

Untuk mengetahui cara semi benih kale, silakan baca penjelasannya pada artikel Kampus Tani sebelumnya yaitu Cara Semai Benih Sayur Kale.

Bibit kale hasil dari penyemaian benih sudah dapat ditanam pada lahan atau polybag yang lebih besar setelah memiliki 4-5 daun.

Related Post

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Sembari menunggu bibit siap pindah tanam, siapkan wadah untuk media tanam berupa polybag, dengan syarat memiliki lubang-lubang kecil di bawahnya agar kelebihan air siraman nantinya dapat mengalir dan  tidak menggenang di dalamnya.

Selanjutnya siapkan media tanam berupa campuran tanah gembur dan subur, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, campurkan semua bahan dengan mengaduknya hingga merata, kemudian masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag.

TAHAP PENANAMAN

Tanam bibit kale pada polybag dengan mencabutnya terlebih dahulu dari persemaian secara hati-hati agar tidak merusak perakaran, agar lebih aman bisa dicongkel bersama dengan menyertakan media tanam pada persemaian. Buat lubang tanam pada media di polybag, tanam 1 bibit kale pada setiap polybag, pastikan bibit tertanam erat agar tidak mudah roboh, kemudian siram hingga lembab.

Pada masa awal tanam hindarkan tanaman dari sinar matahari secara langsung  hingga tanaman kembali pulih.

Lakukan penyiraman secara rutin dengan menyesuaikan kondisi tanaman dan media tanam. Lakukan pula pemupukan 1-2 minggu sekali menggunakan pupuk organik.

Kendala dalam budidaya tanaman kale adalah busuk akar yang diakibatkan oleh jamur serta hama ulat. Untuk mengatasinya bisa disemprot menggunakan fungisida dan insektisida organik. Atau untuk hama ulat jika populasinya sedikit dapat bisa diatasi dengan cara manual yaitu memungutnya satu-persatu.

Selain itu OPT atau organisme pengganggu tanaman kale adalah aphids atau kutu kebul. Untuk mengatasinya dapat dengan menyemprotkan pestisida organik dari bawang putih yang dihaluskan dan diberi air. Lakukan penyemprotan 2 hari sekali setiap pagi atau sore hari agar daun tidak terbakar.

Sayur kale dapat dipanen pada usia tanaman 50-70 hari setelah tanam dengan memetik daunnya. Tanaman yang siap dipanen minimal harus berukuran tinggi 20 cm.

Demikian ulasan mengenai cara menanam kale di polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih tanaman sayur kale ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube NP Story