Cara Menanam Jagung Ungu di Polybag

Jagung ungu atau dalam bahasa Spanyol dikenal dengan nama maiz morado salah satu jenis varietas jagung manis yang masih belum populer khususnya di Indonesia. Jagung ungu banyak dikembangkan di Amerika Selatan khususnya di pegunungan Andes.

Biji jagung yang berwarna ungu telah dimanfaatkan oleh penduduk lokal sebagai bahan pewarna serta minuman. Warna ungu yang terdapat pada jagung ungu disebabkan oleh tingginya kandungan antosianin, khususnya jenis Chrysanthemin (cyanidin 3-O.glucoside), pelargonidin 3-O-B-D-Glucoside). Antosianin berasal dari bahasa Yunani, anthos yang berarti bunga sementara kyanos berarti biru. Antosianin yang mengatur warna biji seperti ungu, violet dan merah yang banyak terkandung dalam sayur dan buah

Jagung ungu ini memang belum begitu populer dan masih jarang di pasaran, namun jika Anda berniat untuk menanamnya agar bisa menikmati jagung ungu dari hasil penanaman sendiri, tidak perlu khawatir karena jagung ungu ini mudah sekali untuk dibudidayakan dan tidak memerlukan syarat penanaman dan perawatan khusus yang rumit.

Bahkan jagung ungu ini dapat ditanam dalam media polybag dan ditempatkan di sekitar pekarangan rumah sehingga memudahkan dalam pemantauan dan perawatan.

Nah, bagaimana cara menanam jagung ungu di polybag tersebut, berikut ini penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN BENIH

Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah benih atau bijinya, karena jagung ungu umumnya ditanam dari benih atau bijinya tersebut. Pilihlah benih yang berkualitas unggul karena memiliki persentase pertumbuhan yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih besar.

Benih jagung ungu berkualitas unggul saat ini cukup mudah diperoleh di toko-toko pertanian sekitar Anda atau bisa juga dibeli di SentraTani.com.

Benih jagung ungu dapat ditanam langsung tanpa perlu melakukan penyemaian terlebih dahulu.

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Media tanam jagung ungu dalam polybag adalah berupa campuran tanah subur yang gembur dan arang sekam dengan perbandingan 1:1, aduk semua bahan hingga merata. Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag berukuran 60 hingga 2/3 nya dan sisa polybag dilipat ke bawah, kemudian ikuti dengan penyiraman. Dan media tanam dalam polybag siap untuk ditanami.

PENANAMAN DAN PERAWATAN

Tanam benih jagung ungu pada polybag dengan menanam 1 biji pada setiap polybagnya lalu ikuti dengan penyiraman secukupnya.

Benih jagung sudah mulai tumbuh pada hari ke 10 setelah tanam, dan pada usia 30 HST tanaman jagung sudah tumbuh lumayan tinggi. Pada usia ini tanaman jagung ungu sudah saatnya dilakukan pemupukan.

Adapun pupuk yang digunakan adalah POC atau pupuk organik cair berupa pupuk bio organik dengan kandungan tambahan asam amino dan vitamin, yang bermanfaat untuk meningkatkan hasil panen, menyuburkan tanah, memperbaiki kualitas tanah, memacu pertumbuhan tanaman, memacu tanaman lebih tahan terhadap penyakit. Dosis yang digunakan adalah 3 tutup botol POC untuk dilarutkan dengan 18 liter air atau sesuaikan saja dengan dosis yang tertera pada label kemasan.

Cara aplikasinya yaitu dengan dikocorkan pada media tanam dalam polybag dengan interval pemberian setiap 7 hari sekali.

Pada usia 50 HST tanaman jagung sudah tumbuh semakin tinggi, pada usia ini lakukan penyiangan dan pemangkasan daun tua di bagian bawah. Lakukan pula penambahan media tanam pada polybag. Pada usia 60 HST tanaman jagung sudah mulai tumbuh bunga dan bakal buah.

Dan jagung ungu yang ditanam dalam polybag sudah dapat dipanen setelah usia 80 HST.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Jagung Ungu di Polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih jagung ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube oky channel

Bacaan Terkait