Edamame atau kedelai Jepang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Edamame mengandung protein nabati yang sangat tinggi bahkan hampir setara dengan protein dalam telur atau daging. Selain protein, edamame juga mengandung 9 jenis asam amino esensial, zat besi, vitamin C, vitamin A dan juga serat.

Jika melihat dari banyaknya manfaat dari edamame ini, alangkah baiknya jika kita menanamnya sendiri sehingga kita dapat dengan mudah untuk memperoleh edamame dari hasil penanaman sendiri.

Budidaya edamame cukup mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan persyaratan budidaya yang rumit, bahkan selain dapat ditanam langsung di lahan, tanaman edamame ini juga dapat ditanam pada polybag dan dapat di letakkan di pekarangan sekitar rumah sehingga memudahkan untuk perawatan dan pemantauan.

Untuk mengetahui Cara Menanam Edamame dalam Polybag, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

PERSIAPAN BENIH

Sebelum memulai menanam edamame, hal penting yang harus dilakukan adalah memilih benih berkualitas unggul, karena benih unggul memiliki daya tumbuh yang tinggi serta ketahanan yang baik terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih tinggi.

Benih edamame berkualitas unggul kini sangat mudah didapatkan di toko-toko pertanian di sekitar anda baik itu offline atau online seperti SentraTani.com.

TAHAP PENANAMAN

Tahap penanaman edamame diawali dengan menyiapkan media tanam, media tanam yang digunakan berupa campuran tanah subur, pupuk kandang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, campurkan semua bahan dengan mengaduknya hingga merata, kemudian masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag berukuran sedang atau minimal 20 cm.

Polybag yang digunakan harus memiliki lubang-lubang kecil di bawahnya agar air siraman nantinya tidak menggenang di dalamnya.

Tanam benih/biji edamame pada polybag, tanam 1 biji edamame pada setiap polybag, kemudian ikuti dengan penyiraman.

TAHAP PERAWATAN

Perawatan tanaman edamame meliputi penyiraman, pemasangan ajir, penyiangan, pemupukan serta pengendalian hama penyakit.

Tanaman edamame yang ditanam dalam polybag membutuhkan pasokan air namun tidak berlebih, oleh karena itu lakukan penyiraman rutin setiap hari atau menyesuaikan dengan kondisi cuaca.

Pemasangan ajir juga perlu dilakukan untuk membantu menegakkan pertumbuhan tanaman edamame, sebab pada umur sekitar 25 hHST akan banyak tanaman edamame yang roboh karena berbagai sebab.

Agar tanaman edamame berproduksi secara optimal, tanaman perlu diberi pupuk susulan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK, dan jika diperlukan bisa ditambahkan pupuk organik, pemupukan susulan dapat diberikan pada usia tanaman 7 hari setelah tanam, dosisnya cukup ½ sendok teh per tanaman karena tanaman masih muda dan kecil.

Cara aplikasinya adalah dengan cara menaburkannya di sekeliling tanaman, akan tetapi usahakan jangan sampai mengenai tanaman secara langsung, karena batang tanaman masih lunak sehingga dapat menyebabkan kematian tanaman. Setelah pupuk ditaburkan kemudian ikuti dengan penyiraman.

Pemupukan berikutnya dilakukan pada saat tanaman berusia 1 bulan, pada usia ini tanaman edamame sudah mulai muncul calon bunga, pemupukan ini bertujuan agar proses pembuahan berjalan optimal. Adapun pupuk yang diberikan masih sama yaitu pupuk NPK dengan dosis 1 sendok teh per tanaman dan diikuti dengan penyiraman.

Pemupukan berikutnya dilakukan pada saat tanaman berusia 40 hari, pada usia ini tanaman edamame sudah mulai tumbuh buah atau polong, pemupukan ini bertujuan agar proses pembesaran buah berjalan optimal. Adapun pupuk yang diberikan masih sama yaitu pupuk NPK dengan dosis 1 sendok teh per tanaman dan diikuti dengan penyiraman.

Penyiangan atau pembersihan rumput liar juga penting dilakukan secara rutin, karena kebersihan lahan akan membantu tanaman terhindar dari serangan hama dan penyakit. Selain itu keberadaan gulma atau rumput liar juga ikut menyerap unsur hara dari dalam media tanam.

Edamame sudah dapat dipanen pada umur kurang lebih 65 HST, pada saat itu polong telah siap dipetik, karena tingkat ketuaan polong telah cukup penuh dan warnanya hijau cerah.

Demikian ulasan mengenai cara menanam edamame di polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih edamame ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube sushii motto