Untuk memanfaat lahan kosong di pekarangan sekitar rumah dapat ditanami dengan tanaman buah-buahan, namun bagaimana jika pekarangan sempit? Hal ini tersebut bukan menjadi masalah karena tanaman buah-buahan banyak yang dapat ditanam dalam pot, sehingga meskipun lahan sempit tetap dapat menanamnya, tentunya dengan memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi pekarangan. Keuntungan lain menanam tanaman buah dalam pot adalah memudahkan perawatan, tanaman dapat dipindah-pindah sesuai keinginan dan masih banyak lagi.

Diantara tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot adalah tanaman buah naga, sehingga selain dapat dimanfaatkan buahnya juga sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Untuk mengetahui cara menanam buah naga di pot, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

SIAPKAN ALAT DAN BAHAN

  • Batang/dahan tanaman buah naga¬† yang sehat, terhindar dari serangan hama dan penyakit
  • Perangsang akar seperti Root Up atau Rootone F
  • Media tanam berupa tanah yang gembur dan subur, sekam bakar dan sedikit pasir.
  • Wadah media tanam berupa pot.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit tanaman buah naga bisa diperoleh dari tanaman buah naga yang ditanam sebelumnya. Pilihlah batang tanaman buah naga  yang sehat, terhindar dari serangan hama dan penyakit

Potong batang tanaman buah naga yang akan ditanam dengan panjang kurang lebih 20-30 cm.

Sayat miring pada 3 sirip pangkal batangnya sehingga berbentuk meruncing.

Oleskan perangsang akar seperti root up atau rootone f pada pangkal batang bekas potongan untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan akar.

Perangsang akar root up atau rootone f berbentuk serbuk putih, maka dari itu sebelum diaplikasikan harus dicampurkan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta.

Setelah perangsang akar dioleskan pada batang bibit, tunggu hingga kering sebelum ditanam.

TAHAP PENANAMAN

Proses penanaman bibit buah naga diawali dengan menyiapkan media tanam. Media tanam yang digunakan yaitu tanah gembur yang subur dan arang sekam dengan perbandingan 1:1 dan tambahkan pula sedikit pasir, campurkan dengan mengaduknya hingga merata. Masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan, yaitu berupa pot atau wadah sejenis lainnya.

Tanam batang bibit buah naga pada media yang telah disiapkan tersebut, sedikit padatkan agar batang tanaman erat tertanam dan tidak goyang, kemudian ikuti dengan penyiraman, cukup hingga media lembab saja jangan sampai becek.

Setelah 1 bulan dari penanaman, biasanya sudah muncul cabang baru dari batang tanaman buah naga yang ditanam.

Demikian ulasan mengenai cara menanam buah naga di pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih maupun bibit tanaman buah naga ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Tanaman Buah