Setelah tanaman jeruk lemon ditanam dalam pot, yang diharapkan tentunya adalah waktu dimana tanaman tersebut berbuah. Namun terkadang tanaman jeruk lemon yang ditanam tidak kunjung berbuah dengan berbagai sebab.

Maka dari itu agar tanaman jeruk lemon yang ditanam dalam pot berbuah, tanaman tersebut membutuhkan beberapa perlakuan diantaranya adalah dengan pemupukan.

Untuk mengetahui Cara Membuahkan Jeruk Lemon Dalam Pot, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Sebagaimana dijelaskan di atas agar tanaman jeruk lemon dalam pot berbuah dapat diberi perlakuan dengan pemupukan untuk merangsang pembungaan dan pembuahan. Apa saja jenis pupuknya, berapa dosis yang diberikan dan bagaimana cara aplikasinya?

Pupuk yang diaplikasikan untuk merangsang pembuahan tanaman jeruk lemon adalah pupuk MKP dan KNO3 putih.

Sesuai namanya pupuk MKP memiliki kandungan 2 jenis unsur yaitu kalium dan fosfat. Kandungan masing-masing unsur secara berurutan adalah 34% kalium dalam kalium oksida dan 52% fosfor dalam fosforus pentoksida. Pupuk MKP ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar, merangsang pembungaan, merangsang buah, mencegah bunga dan buah rontok.

Sedangkan pupuk KNO3 Putih (potasium nitrat atau disebut juga kalium nitrat) adalah pupuk kimia dengan kandungan Kalium (K) dan Nitrogen (N) yang berfungsi untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan akar tanaman, menyuburkan dan memperkuat jaringan tanaman, menjaga kekebalan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit, mempercepat pembesaran buah, mengandung unsur kalium yang tinggi sehingga mampu mencegah kerontokan pada bunga dan buah serta meningkatkan hasil panen tanaman dan buah-buahan.

Melihat fungsi dari kedua pupuk itulah mengapa pupuk tersebut digunakan untuk merangsang pembuahan tanaman jeruk lemon, terlebih yang ditanam dalam pot yang memiliki keterbatasan dalam memperoleh unsur hara.

Kedua pupuk tersebut diaplikasikan dengan cara dikocor atau disiramkan di sekitar perakaran pangkal tanaman.

Sedangkan dosisnya adalah 3 sendok makan dari masing-masing pupuk tersebut per 10 liter air.

Setelah semua bahan siap, masukkan pupuk ke dalam air sesuai dosis, aduk hingga benar-benar larut.

Untuk dosis aplikasinya yaitu menyesuaikan usia serta ukuran tanaman, misalnya untuk tanaman jeruk lemon usia 6 bulan atau yang memasuki fase generatif pertama dosis aplikasinya adalah 3 gayung dengan interval pemberian 1 minggu sekali.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuahkan Jeruk Lemon Dalam Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman buah lemon, pupuk, pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Tanaman Buah