Dalam budidaya tanaman buah, yang paling ditunggu adalah dimana tanaman berbuah dan akan lebih disukai jika tanaman berbuah lebat, tak terkecuali dalam budidaya pepaya california.

Agar tanaman pepaya california yang ditanam dapat berbuah lebat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sejak awal penanaman, diantaranya adalah :

  • Lahan penanaman memiliki pH netral yaitu 6-7.
  • Tanah terbebas dari bekas tanaman yang terserang penyakit.
  • Areal pertanaman mudah diairi dan tidak mudah tergenang apabila curah hujan tinggi.
  • Penggunaan bibit yang sehat.

Setelah persyaratan tersebut terpenuhi barulah melakukan langkah selanjutnya yaitu pemupukan. Untuk mengetahui Cara Pemupukan Pepaya California Agar Berbuah Lebat, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Pemupukan merupakan salah satu hal terpenting agar tanaman pepaya california yang ditanam dapat tumbuh optimal dan berbuah lebat.

Pemupukan tanaman pepaya california dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan dimulai dari pra tanam, pasca tanam hingga berbuah. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik dan pupuk anorganik.

PUPUK ORGANIK

Pupuk organik ini diberikan 1 minggu sebelum tanam, dengan cara memasukkannya pada lubang tanam sebanyak 5 kg per lubang tanam.

PUPUK ANORGANIK

Pupuk anorganik diaplikasikan dalam beberapa tahapan dan disesuaikan dengan usia pertumbuhan tanaman.

  1.   Pupuk Dasar

Pupuk dasar diberikan pada awal penanaman, adapun pupuk yang diberikan adalah pupuk ZA 100 gram, SP36 75 gram, dan KCL 50 gram. Pupuk tersebut untuk diaplikasikan pada setiap lubang tanam.

  1.   Pupuk Susulan
  • Pada saat tanaman pepaya california berumur 1 bulan pupuk yang diberikan adalah ZA 75 gram, SP36 50 gram dan KCL 50 gram per pohon.
  • Pada saat tanaman pepaya california berumur 3-5 bulan pupuk yang diberikan adalah ZA 100 gram, SP36 75 gram dan KCL 50 gram per pohon.
  • Pada saat tanaman pepaya california berumur 6-9 bulan pupuk yang diberikan adalah ZA 150 gram, SP36 150 gram dan KCL 100 gram per pohon.
  • Pada saat tanaman pepaya california berumur 10 bulan dan seterusnya, pemupukan dilakukan setiap bulan, sedangkan pupuk yang diberikan adalah ZA 200 gram, SP36 150 gram dan KCL 250 gram per pohon. Atau dapat pula diberikan pupuk majemuk NPK setiap 1 bulan sekali dengan dosis 100 gram per pohon sebelum berbuah dan 200 gram per pohon pada saat tanaman pepaya berproduksi.

Demikian ulasan mengenai cara pemupukan pepaya california agar berbuah lebat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih pepaya, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Sumber : Channel Youtube Agoes Farming