Cara Menanam Alpukat di Musim Hujan

Musim hujan bagi tanaman alpukat yang baru ditanam dapat memberikan efek positif dan negatif. Efek positifnya yaitu pada musim hujan tidak perlu melakukan penyiraman. Sedangkan efek negatifnya adalah bahwa pada lahan penanaman terutama lahan persawahan dimana tanahnya selalu berair yang mana hal tersebut dapat merendam perakaran alpukat yang dapat berdampak buruk bagi akar tanaman alpukat, yaitu dapat menyebabkan busuknya akar.

Maka dari itu perlu teknik tertentu untuk menanam alpukat di musim hujan agar kemungkinan terburuknya yaitu busuk akar dapat dihindari. Sebenarnya cara menanam alpukat di musim hujan hampir sama dengan menanam alpukat pada umumnya hanya saja ada sedikit perbedaan yang penjelasannya akan kami ulas pada artikel kali ini.

PERSIAPAN BIBIT

Terdapat dua jenis bibit tanaman alpukat, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi dan penyambungan).

Akan tetapi sebaiknya gunakanlah bibit hasil perbanyakan vegetatif. Kelebihan bibit hasil vegetatif yaitu sifat tanamannya bisa dipastikan, karena sama dengan sifat induknya serta lebih cepat berbuah, berbeda dengan bibit dari menanam biji (generatif) tanpa penyambungan yang mana nantinya tanaman alpukat akan tumbuh tinggi, lama berbuah dan meskipun berbuah tidak jarang sifatnya menyimpang dari induknya.

Saat ini bibit tanaman alpukat cukup mudah untuk didapatkan di toko-toko bibit tanaman di sekitar Anda, atau bisa juga dibeli di SentraTani.com

Bibit tanaman alpukat di toko pertanian biasanya ditanam pada polybag siap tanam.

TAHAP PENANAMAN

Dalam penanaman alpukat pada musim hujan ini tidak memerlukan lubang tanam, alasannya adalah untuk menghindari akar terendam air di dalam tanah yang dapat berdampak pada busuknya akar sebagaimana dijelaskan diatas. Lalu bagaimana caranya?

Caranya adalah cukup meletakkan bibit alpukat di permukaan tanah yang sudah dibersihkan dari rumput-rumput dan gulma, atau bisa juga dengan menggali sedikit saja sekitar 5 cm agar bibit tidak mudah roboh.

Buka polybagnya, lakukan dengan hati-hati dan usahakan media tanam dalam polybag tidak pecah tujuannya adalah agar setelah ditanam tanaman tidak stres.

Atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun media tanam bibit yang semula dalam polybag dengan tanah tanpa campuran hingga membentuk gundukan sampai pangkal batang.

Padatkan perlahan tanah gundukan, pastikan tanaman sudah kuat tertopang, dan barulah bisa diberi pupuk kandang secukupnya.

Jika menanam alpukat lebih dari 1 pohon, maka jarak antar satu tanaman alpukat dengan alpukat lainnya adalah 8 meter jarak dalam barisan dan 5 meter jarak antar barisan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Alpukat di Musim Hujan, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit alpukat ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Desa Wisata jambu Kediri

Bacaan Terkait