Cara Pembibitan Pohon Gaharu

Pohon gaharu, Aquilaria Microcarpa, atau Agarwood, merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara. Harga gubal kayu gaharu yang berkualitas tinggi dapat mencapai 30 hingga ratusan juta Rupiah per kilogramnya. Dan selain Aquilaria Microcarpa ada juga kayu gaharu dengan jenis yang lain.

Jika melihat dari harganya yang fantastis, semua orang pasti tertarik untuk membudidayakannya. Dan untuk membudidayakan pohon gaharu ini dimulai dengan mempersiapkan bibitnya untuk ditanam.

Bibit tanaman gaharu salah satunya dapat diperoleh dengan melakukan pembibitan dengan cara menanam bijinya. Nah pada kesempatan kali ini Kampus Tani akan mengulas mengenai bagaimana Cara Pembibitan Pohon Gaharu dengan menanam bijinya. Berikut ini penjelasannya secara lengkap.

PERSIAPAN BENIH/BIJI

Siapkan biji gaharu yang akan ditanam. Biji gaharu bisa diperoleh dengan membelinya di toko-toko pertanian atau jika bisa juga diperoleh dengan memetiknya secara langsung dari pohonnya atau dengan memungutnya di bawah pohon, karena buah gaharu yang sudah tua dan kering akan terbuka dan jatuh.

Pilihlah biji gaharu yang sudah tua, yang ditandai dengan kulit buah yang terbuka dengan sendirinya dan tampak bijinya.

Kumpulkan biji-biji gaharu dalam mangkuk kemudian direndam menggunakan larutan ZPT alami dari bawang merah.

PENGECAMBAHAN BIJI

Sebelum ditanam pada media penanaman, biji gaharu perlu dikecambahkan terlebih dahulu agar pertumbuhannya lebih cepat. Caranya, terlebih dahulu siapkan tisu, plastik klip dan air.

Lipat tisu hingga menjadi lipatan agak tebal lalu basahi dengan air. Masukkan tisu tersebut ke dalam plastik klip kemudian susun beberapa biji gaharu di atas tisu tersebut. Tutup rapat klip pada plastik dan simpan di tempat teduh agar biji cepat berkecambah.

Simpan selama 2-3 hari, sampai biji gaharu berkecambah yang ditandai dengan tumbuhnya akar dari ujung biji.

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Sembari menunggu biji gaharu berkecambah, siapkan media tanamnya. Media tanam untuk menanam biji gaharu ini cukup sederhana yaitu tanah gembur yang subur dengan wadah berupa polybag kecil. Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag hingga penuh dan ikuti dengan penyiraman.

TAHAP PENANAMAN

Setelah biji gaharu berkecambah/tumbuh akar, saatnya melakukan penanaman. Buat lubang tanam pada media dalam polybag, tanam biji gaharu yang telah berkecambah  pada lubang tanam tersebut, dengan menanam satu biji pada setiap polybag. Penanaman ini dilakukan dengan hati-hati agar akar tidak patah, dan lakukanlah perawatan secara rutin.

Cara pembibitan gaharu dengan cara ini, keberhasilannya dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan cara menebarkan biji gaharu secara langsung pada media penyemaian tanpa melakukan pengecambahan terlebih dahulu.

Demikian ulasan mengenai Cara Pembibitan Pohon Gaharu, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih, bibit tanaman ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK

Bacaan Terkait

Cara Mencangkok AlpukatCara Mencangkok Alpukat

Metode perbanyakan atau pembibitan tanaman yang banyak dipilih dan dilakukan oleh para petani salah satunya adalah dengan cara cangkok, begitu juga dengan pembibitan pada tanaman alpukat. Mencangkok adalah suatu cara