Tanaman hias aglonema ini cukup populer di Indonesia, karena warna yang cantik dan dapat tumbuh dengan baik meskipun diletakkan di dalam ruangan.

Tanaman bernama lokal Sri Rejeki ini kini lebih populer dengan sebutan tanaman Aglaonema atau Lucky Plant. Daya tarik tanaman aglaonema terdapat pada warna dan bentuk daun yang unik, daunnya kini tidak didominasi warna hijau saja,tetapi lebih bervariasi seperti warna putih, merah, merah muda dan kuning.

Jika anda telah memiliki tanaman hias aglaonema dan ingin memperbanyaknya, hal itu tidak mustahil karena perbanyakan tanaman aglaonema ini cukup mudah untuk dilakukan.

Perbanyakan tanaman hias aglaonema ini terbagi menjadi 3 cara, yaitu:

  1. Cara generatif, yaitu perbanyakan dengan menggunakan bijinya, akan tetapi cara ini agak rumit, karena harus mengetahui teknik peyerbukan pada tanaman aglaonema itu sendirii. Penyerbukan atau perkawinan pada aglaonema tidak bisa terjadi secara alami, karena bunga jantan dan betina jadi satu dan terbungkus oleh seludang.
  2. Cara kultur jaringan, cara ini sebenarnya dapat menghasilkan jumlah anakan secara masal, akan tetapi cara kultur jaringan ini memerlukan pengetahuan dan keahlian khusus serta biaya yang besar untuk membuat laboratorium.
  3. Cara vegetatif, perbanyakan tanaman hias aglaonema dengan cara ini mudah dilakukan bahkan tidak diperlukan pengetahuan dan teknis khusus. Perbanyakan secara vegetatif ini dapat menghasilkan tanaman hias aglaonema dalam jumlah banyak serta sifat bibit yang baru mirip dengan tanaman induknya. Perbanyakan vegetatif diantaranya yaitu melalui stek batang, pemisahan tunas anakan maupun pencangkokan semuanya mudah dilakukan dan dapat menghasilkan bibit dalam waktu singkat.

Akan tetapi pada artikel kali ini kami tidak akan menguraikan keseluruhan cara perbanyakan tersebut, melainkan khusus Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema dari Anakan, untuk selengkapnya silakan simak penjelasannya berikut ini.

Perbanyakan tanaman aglaonema dari anakan ini maksudnya adalah dengan memisahkan anakan yang tumbuh untuk ditanam pada media tanam yang lain. Sebaiknya cara ini dilakukan pada tanaman aglaonema yang cepat menghasilkan anakan.

Pemisahan anakan dilakukan sambil mengganti media tanam pada tanaman indukan, sehingga dapat menghasilkan dua keuntungan sekaligus, yaitu sambil memanen anakan baru, juga memperbaiki media tanam induknya. Selain itu dengan mengganti dan memperbaiki media tanam, maka pertumbuhan tanaman induk akan lebih baik dan menghasilkan anakan baru lagi. Adapun cara pemisahan anakan dan cara menanamnya adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah tanaman aglaonema yang sudah memiliki anakan yang membentuk rumpun, atau pot sudah penuh dengan tanaman, cabut rumpun tanaman aglaonema tersebut dari potnya secara hati-hati, kemudian cuci bersih akarnya untuk memudahkan dalam pemisahan anakan.
  • Pilih anakan yang minimal sudah memiliki 2 daun, pisahkan anakan dengan memotong batang yang menghubungkan induk dan anakan. Anakan yang dipotong harus memiliki akar dan usahakan akar yang ada tidak rusak atau putus.
  • Oleskan larutan fungisida, pada bekas potongan anakan maupun tanaman induk, atau bisa juga dengan merendamnya pada larutan fungisida, tujuannya agar tidak terserang jamur yang dapat mengakibatkan busuknya tanaman. Kering anginkan terlebih dahulu olesan fungisida sebelum ditanam.
  • Siapkan media tanam dan pot baru untuk menanam anakan, adapun cara membuat media tanam yang baik untuk aglaonema bisa anda simak pada artikel kami sebelumnya yaitu Cara Membuat Media Tanam Aglaonema.
  • Tanam anakan pada pot dan media baru, tanam juga tanaman induk yang telah diambil anakannya dengan media tanam yang baru.
  • Selanjutnya lakukanlah penyiraman hingga basah merata, karena tanaman aglaonema ini baru dipotong, maka untuk menyiramnya tambahkan ½ sendok teh fungisida dan 8 tetes vitamin B1 untuk 3 gayung air. Penyiraman berikutnya dilakukan jika media terlihat kering.
  • Letakkan di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari maupun hujan secara langsung. Perakaran baru akan tumbuh setelah 3 minggu sejak penanaman anakan.

Demikian ulasan mengenai cara memperbanyak tanaman aglaonema dari anakan, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli tanaman hias aglaonema ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi : Channel Youtube Flower Mix Manado