Dalam budidaya tanaman hias aglaonema tentunya tidak lepas dari kendala seperti serangan hama dan penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan bahkan menyebabkan kematian pada tanaman.

Diantara penyakit yang biasa menyerang tanaman hias aglaonema adalah busuk akar dan batang.

Awal serangan penyakit busuk akar sulit untuk dipantau karena kondisi fisik pada daun dan batang atas tidak menunjukan tanaman sedang terserang penyakit, dan penyakit ini mulai menampakan tanda-tanda sedang terserang penyakit jika batang bawah dan akar telah mengalami kerusakan di atas 60 %.

Tanda-tanda tanaman aglaonema terserang busuk akar adalah batang tanaman terlihat tidak kokoh atau mudah goyah saat di terpa angin, daun mulai dari pangkal bawah mulai menguning dan rontok, pertumbuhan tanaman tidak maksimal, serta daun pada batang atas akan layu pada siang hari dan segar kembali pada malam hari.

Busuk akar dan batang pada tanaman hias aglaonema ini disebabkan  serangan jamur akibat media tanam yang terlalu basah atau lembab serta tidak steril. Penggunaan media tanam yang tidak tepat juga menjadi salah satu penyebabnya.

Maka dari itu langkah pencegahan sebaiknya dilakukan sebelum tanaman terserang dengan menggunakan media tanam yang tepat, yaitu porous dan steril. Adapun cara membuat media tanam yang baik untuk tanaman aglaonema bisa anda simak pada artikel kami sebelumnya yaitu Cara Membuat Media Tanam Aglaonema.

Akan tetapi bagaimana jika tanaman aglaonema kesayangan anda sudah terlanjur terserang penyakit busuk akar ini, apakah masih bisa disembuhkan? Bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, karena dengan melakukan sedikit teknik sederhana sebagaimana yang biasa dilakukan para pembudidaya aglaonema, penyakit busuk akar ini dapat diatasi. Untuk penjelasan selengkapnya silakan simak Cara Mengatasi Busuk Akar Pada Aglaonema berikut ini.

PEMBERSIHAN TANAMAN

  • Bongkar atau cabut tanaman dari pot untuk memastikan keadaan akar. Jika memang benar terlihat akar tanaman membusuk segera lakukan penanganan. Terlebih dahulu bersihkan akar aglaonema dari sisa media tanam yang menempel dengan cara mencucinya hingga bersih agar memudahkan dalam penanganan.
  • Pangkas semua akar yang telah membusuk dan juga batang tempat tumbuhnya akar jika terdapat tanda-tanda pembusukan seperti bercak merah kecoklatan hingga tersisa akar dan batang yang sehat. Akan tetapi terlebih dahulu oleskan fungisida pada pisau yang akan digunakan.
  • Pangkas pula daun-daun yang layu dan tidak produktif.
  • Oleskan fungisida pada penampang bekas potongan dan luka bekas pemangkasan akar dan daun. Kering anginkan olesan fungisida hingga benar-benar kering.
  • Oleskan pula ZPT seperti Root Up atau sejenisnya pada pangkal batang untuk mempercepat pertumbuhan akar baru.

PENANAMAN KEMBALI

  • Siapkan media tanam dan pot, masukkan media tanam pada pot dengan terlebih dahulu meletakkan kerikil, sterefoam dan sebagainya agar sirkulasi air dan udara baik. Syarat pot yang digunakan adalah memiliki lubang-lubang kecil yang cukup untuk mengalirkan sisa air siraman agar air tidak menggenang di dalamnya yang dapat memicu busuk akar.
  • Sebelum ditanam gulung daun tanaman secara perlahan dan ikat menggunakan karet gelang, pengikatan jangan terlalu erat, tujuannya agar kelembaban daun tetap terjaga dan daun tetap segar dan tidak layu hingga akar tumbuh.
  • Tanam pada media dalam pot hingga tanaman erat tertanam dan tidak mudah goyah.
  • Setelah selesai penanaman, siram menggunakan air yang telah dicampur dengan sedikit fungisida, dosisnya setengah sendok teh untuk 1 gayung air.
  • Sungkup menggunakan plastik transparan untuk menjaga kelembaban tanaman.
  • Letakkan tanaman di tempat teduh yang terhindar dari sinar matahari secara langsung.
  • Tanaman akan tumbuh baik dan memiliki akar setelah kurang lebih 1 bulan sejak penanaman kembali.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Busuk Akar Pada Aglaonema, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli tanaman hias aglaonema ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi : Channel Youtube Flower Mix Manado