Tanaman bernama lokal Sri Rejeki ini kini lebih populer dengan sebutan tanaman Aglaonema atau Lucky Plant. Daya tarik tanaman aglaonema terdapat pada warna dan bentuk daun yang unik, daunnya kini tidak didominasi warna hijau saja,tetapi lebih bervariasi seperti warna putih, merah, merah muda dan kuning.

Diantara syarat yang harus terpenuhi dalam budidaya tanaman hias Aglaonema agar dapat tumbuh sehat dan baik adalah dengan menggunakan media dengan komposisi yang pas, media dengan tingkat keasaman/pH dan porositas yang ideal sangat baik untuk pertumbuhan aglaonema, selain itu media tanam aglaonema juga harus steril, yaitu bebas dari penyakit, tidak mudah lapuk dan hancur karena air, mudah diperoleh dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Adapun cara membuat media tanam aglaonema  yang baik adalah sebagai berikut.

SIAPKAN ALAT DAN BAHAN

  1.   Sekam mentah
  2.   Tanah subur dan gembur sedikit berpasir
  3.   Pupuk kandang yang telah matang/melalui proses fermentasi.
  4.   Fungisida Antracol
  5.   Air bersih
  6.   Karung

PROSES PEMBUATAN

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan semua bahan media tanam tersebut dengan perbandingan antara sekam mentah, tanah subur serta gembur dan pupuk kandang yang telah matang/melalui proses fermentasi adalah 3:1:1.

Dalam pembuatan media tanam untuk aglaonema ini menggunakan sekam mentah lebih banyak daripada tanah dan pupuknya, karena aglaonema tidak menyukai media yang terlalu padat yang dapat berakibat membusuknya akar tanaman, selain itu agar media tanam porous sehingga saat penyiraman air cepat keluar di bawah pot.

Campurkan semua bahan dengan cara mengaduknya hingga benar-benar merata. Setelah tercampur merata, media tanam tersebut belum bisa langsung digunakan.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan media tersebut ke dalam karung dan menyiramnya dengan larutan fungisida Antracol.

Fungisida Antracol memiliki bahan aktif propineb 70 WP, berbentuk serbuk/tepung yang berguna untuk mencegah media tanam terserang jamur yang dapat merugikan tanaman.

Caranya adalah dengan melarutkan setengah sendok makan fungisida Antracol ke dalam 10 liter air, aduk hingga larut dan merata.

Siramkan larutan fungisida tersebut pada media tanam yang telah dimasukkan ke dalam karung hingga basah merata.

Setelah disiram larutan fungisida diamkan media tanam tersebut selama kurang lebih 1-2 minggu agar media tanam siap untuk digunakan.

Demikian ulasan mengenai cara membuat media tanam aglaonema agar tanaman dapat tumbuh optimal, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman hias aglaonema, fungisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Flower Mix Manado