Dalam budidaya tanaman cabe, pemupukan merupakan hal penting yang harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh berkembang dan berproduksi secara optimal.

Dalam pemupukan ini selain menggunakan pupuk untuk pertumbuhan tanaman, diperlukan pula pupuk untuk pembuahan cabe, sehingga pembungaan cabe maksimal dan cepat berbuah. 

Pupuk pembuahan cabe dengan kandungan yang berimbang akan memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan tanaman sehingga tanaman cabe berbuah optimal. 

Proses pemupukan cabe untuk pembuahan ini mulai dilakukan sejak tanaman berumur lebih dari 1 bulan atau menjelang keluarnya bunga. Pupuk cabe masa berbuah ini sebaiknya memiliki kandungan yang dominan phospat dan kalium agar tanaman cabe cepat berbuah dan lebat.

Adapun Cara Membuat Pupuk Perangsang Buah Tanaman Cabe, silakan simak ulasanya pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • 300 ml air kelapa
  • 200 ml EM 4 Pertanian
  • 1 butir telur ayam kampung
  • Botol air mineral ukuran 1500 ml, agar proses fermentasi lebih leluasa karena menghasilkan gas dalam botol.

TAHAP PEMBUATAN

  • Pecahkan telur ayam kampung masukkan ke dalam wadah dan kocok hingga merata kemudian masukkan ke dalam botol air mineral yang telah disiapkan, jika tidak ada telur ayam kampung dapat menggunakan telur itik atau telur bebek dan jangan menggunakan telur ayam ras.
  • Masukkan 300 ml air kelapa ke dalam botol, air kelapa yang digunakan sebaiknya adalah air kelapa yang setengah tua yang ditandai dengan kulit yang masih hijau dengan batok kelapa yang berwarna coklat tua dan keras, jika terpaksa menggunakan air kelapa muda juga bisa.
  • Tambahkan EM4 Pertanian (botol kuning) sebanyak 200 ml ke dalam botol tersebut.
  • Tutup rapat botol tersebut kemudian kocok beberapa saat hingga seluruh bahan tercampur merata.
  • Diamkan selama 2 minggu untuk proses fermentasi, dan selama proses fermentasi tersebut lakukan pengocokan dan buka tutup secara berkala setiap 1-2 hari sekali dan tutup kembali, tujuan pengocokan adalah agar proses fermentasi dapat berjalan dengan baik, sedangkan pembukaan tutup botol berfungsi agar gas yang timbul dari proses fermentasi dapat keluar.
  • Setelah proses fermentasi selama 2 minggu pupuk perangsang buah cabe sudah dapat digunakan.

CARA APLIKASI KE TANAMAN

Cara aplikasi pupuk perangsang buah tanaman cabe ini adalah dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian tanaman. Adapun dosisnya adalah 3 ml pupuk per liter air.

Proses pemupukan cabe untuk pembuahan ini mulai dilakukan sejak tanaman cabe berumur lebih dari 1 bulan atau menjelang keluarnya bunga dengan interval penyemprotan 1 minggu sekali.

Penggunaan pupuk perangsang pembuahan ini dapat diaplikasikan pada berbagai tanaman cabe baik itu cabe keriting, cabe besar, maupun cabe rawit dengan cara melakukan penyemprotan menjelang keluarnya bunga.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Perangsang Buah Tanaman Cabe, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk organik, EM4, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Aris Pipit