Nasi yang sudah basi bagi sebagian orang dipandang sebelah mata dan dibuang begitu saja, hal itu lumrah, karena memang nasi yang sudah basi sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Akan tetapi bagi para petani yang bercocok tanam secara organik nasi basi ini bisa diolah menjadi pupuk organik cair atau POC yang sangat baik untuk tanaman.

Proses pembuatan POC dari bahan utama nasi basi ini cukup mudah dilakukan dan membutuhkan bahan-bahan tambahan dan alat yang sederhana yang dapat dengan mudah ditemukan disekitar kita.

Nasi basi ini digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan POC  karena nasi basi memiliki kandungan unsur-unsur hara seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan mineral lainnya diman zat-zat tersebut merupakan penunjang pertumbuhan tanaman.

Dalam proses pengolahan nasi basi menjadi POC, tidak memerlukan bioaktivator seperti EM4 dan sejenisnya, dan cukup memanfaatkan mikroorganisme lokal (MOL).

Mikroorganisme seperti jamur atau kapang akan mencari atau tumbuh pada nasi basi (bahan makanan yang mengandung karbohidrat), lalu tumbuh dan berkembang biak secara alami.

Mikroba yang berkembang pada nasi basi berperan dalam proses fermentasi senyawa organik atau zat karbohidrat yang mana dalam hal ini adalah nasi basi tersebut.

Untuk mengetahui Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Nasi Basi, silakan  simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • Nasi basi sebanyak 200 gram
  • Gula merah 100 gram atau bisa juga menggunakan molase.
  •  Air bersih/air sumur 500 ml
  • Toples atau wadah tertutup
  • Botol air mineral

TAHAP PEMBUATAN

Kepal-kepal nasi menjadi bulat-bulat dan masukkan ke dalam toples, tutup dan letakkan di tempat gelap dan biarkan selama 3-4 hari. Setelah 3-4 hari jamur atau kapang Rhizopus oligosporus akan tumbuh.

Rhizopus oligosporus merupakan kapang dari filum Zygomycota yang banyak menghasilkan enzim protease. Rhizopus oligosporus banyak ditemui di tanah, buah, dan sayuran yang membusuk, serta roti yang sudah lama dan juga terdapat dalam nasi.

Larutkan 100 gram gula merah ke dalam 500 ml air, agar lebih cepat larut iris halus gula merah tersebut. Masukkan ke dalam air, aduk hingga benar-benar larut.

Masukkan nasi basi yang telah ditumbuhi jamur tersebut ke dalam larutan gula merah dengan meremas-remasnya agar kepalan nasi tersebut hancur, aduk hingga merata.

Masukkan ke dalam botol yang telah disiapkan, jangan terlalu penuh dan sisakan ruang kosong dalam botol tersebut, kemudian tutup rapat botol tersebut dan letakkan di tempat gelap.

Diamkan selama 2 hari agar mikroorganisme berkembang lebih banyak dan POC dari nasi basi sudah dapat digunakan.

CARA APLIKASI KE TANAMAN

Cara aplikasi pupuk organik cair dari nasi basi ini adalah dengan menyiramkan atau mengocorkannya ke media di sekitar tanaman.

Adapun dosisnya adalah 100 ml POC untuk dilarutkan ke dalam 10 liter air, dan untuk hasil yang lebih baik bisa ditambahkan 50 ml larutan gula.

Sedangkan dosis aplikasinya adalah 200-300 ml per tanaman, dengan interval penyemprotan 3 hari sekali.

Jika terdapat sisa POC cara menyimpannya adalah dengan menutup botolnya serta meletakkanya di tempat gelap. POC ini dapat digunakan selama masih tercium bau kecut harum, tidak bau busuk.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Nasi Basi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk organik, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Cara Bertani Organik