Pupuk kandang mempunyai manfaat yang sangat penting untuk meraih kesuksesan besar di dalam hal budidaya pertanian dan peternakan menggunakan pola organik. Tujuan utama pemanfaatan kotoran hewan tidak hanya untuk menyuburkan tanaman, namun juga pupuk alami yang diproduksi binatang ternak yang juga mempunyai keunggulan tertentu, diantaranya dapat diolah sebagai pakan alternatif ternak lainnya setelah melalui proses fermentasi.

Hal penting untuk diketahui jumlah dalam hitungan prosentase kandungan  kimiawi baik unsur hara makro dan mikro kotoran hewan tersebut seperti pada kotoran sapi, domba, kambing, ayam, sebab hal tersebut adalah faktor utama untuk meraih kesuksesan dalam pengolahannya jika untuk menjadi pupuk organik.

Kotoran sapi merupakan pupuk kandang limbah dari peternakan sapi yang mempunyai kandungan serat tinggi karena terdapat serat atau selulosa dalam kadar yang tinggi pada kotoran hewan ini baik dalam bentuk padat dan cair merupakan senyawa rantai karbon yang dapat mengalami proses pelapukan lebih kompleks.

Proses pelapukan secara alamiah oleh berbagai mikroba tersebut membutuhkan unsur nitrogen yang terkandung pada kotoran sapi tersebut dalam jumlah yang besar, karenanya alasan inilah pemakaian pupuk kandang yang dalam kondisi segar atau masih baru tidak disarankan untuk memupuk tanaman.

Perlu diperhatikan bahwa pupuk kandang merupakan kotoran padat dan cair dari hewan. Menggunakan pupuk kandang dari ternak apa saja tnpa proses fermentasi terlebih dahulu akan menimbulkan dampak buruk bagi tanaman.

Aplikasi kotoran sapi yang paling baik dan rekomendasi adalah membutuhkn proses pengomposan atau yang melalui proses fermentasi terlebih dahulu.

Selain memiliki kadar serat tinggi kotoran sapi juga memiliki kadar air yang tinggi sehingga kotoran sapi disebut pupuk kandang dingin, kualitas pupuk organik dari kotoran sapi akan lebih baik jika pencampurannya dengan kotoran kambing dengan baik sebelum proses fermentasi dilakukan, dimana peningkatan kandungan unsur hara baik makro atau mikro akan mengalami peningkatan dan lebih kompleks berkat percampuran pupuk kandang dari sapi dan kambing.

Selain kotoran kambing padat, air seni kambing juga sangat baik untuk dijadikan pupuk organik cair, kandungan berbagai unsur hara makro dan mikro pada urin kambing lebih bagus dari urin sapi.

Kandungan unsur hara pada pupuk kandang sangat bergantung pada jenis ternak, jenis pakannya, sifat kotoran, cara penyimpanan, pengolahan dan juga pemakaiannya.

Berdasarkan penelitian masing-masing pupuk kandang memiliki kandungan fosfor yang beragam, sementara tanaman pada masa pertumbuhan generatif bukan lagi unsur nitrogen yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tanaman, melainkan unsur yang banyak menghasilkan energi bagi tanaman yakni unsur fosfor. Hal tersebut karena energi yang dibutuhkan tanaman untuk proses pertumbuhan buah, hal tersebut menunjukkan indikasi bahwa penggunaan jenis pupuk kandang tidak menunjukkan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman, namun berpengaruh nyata pada produksi buah khususnya pada berat buah yang dihasilkan tanaman tersebut.

Adapun cara membuat pupuk organik piduskam adalah sebagai berikut :

Dibalik pemberian nama pupuk organik piduskam yaitu karena piduskam adalah kependekan dari sapi,wedus ( kambing=jawa) dan sekam, sesuai dengan bahan utama pembuatan pupuk organik piduskam, yaitu berbahan dasar kotoran sapi, printil kambing, sekam padi yang ditambah dengan dolomit dan sedikit tanah dengan perbandingan 10:10:3 yakni kotoran sapi 10, printil kambing 10 dan sekam 3, tambahkan tanah dan dolomit sesuai kebutuhan.

Kemudian campurkan secara merata semua bahan dan ditutup rapat dengan terpal selama satu minggu, penggunaan terpal disini adalah untuk menggantikan penggunaan oven, setelah satu minggu terpal sudah dapat dibuka dan piduskam sudah mengalami perubahan warna menjadi hitam.

Perubahan warna menjadi hitam menandakan bahwa fermentasi pupuk sudah berhasil, dan pupuk organik piduskam siap untuk digunakan. Pupuk piduskam digunakan untuk tanaman buah dan sayuran dalam pot.

Demikian ulasan mengenai cara membuat pupuk organik piduskam yang bisa anda praktekkan sendiri, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Jogja Talent Media