Bunga kenanga yang telah melalui proses penyulingan dengan minyak atsiri yang dihasilkannya merupakan komoditi ekspor yang diminati para perusahaan parfum ternama dunia dan merupakan salah satu komoditi yang nilai jualnya mengikuti pergerakannya nilai tukar Dolar Amerika terhadap Rupiah.

Tanaman kenanga masuk dalam keluarga Annonaceae, kenanga pada umumnya berbatang besar hingga mencapai diameter 70 cm dengan tinggi mencapai 25 meter lebih. Namun tanaman bunga kenanga dapat ditanam dalam pot sebagai tanaman hias dengan tinggi maksimal 3 meter.

Tanaman kenanga dapat tumbuh di mana saja, akan tumbuh maksimal dan rajin berbunga jika ditanam pada lahan yang subur beriklim panas dan pada ketinggian 25-1000 mdpl seperti di wilayah Jawa Tengah, namun agar dapat menghasilkan minyak atsiri yang lebih banyak, penanamannya yang ideal yaitu pada daerah dengan tingkat kelembaban tinggi. Umumnya para tengkulak mencari bunga yang dihasilkan dari daerah tersebut.

Di Indonesia mengenal 2 jenis kenanga, yaitu Cananga Latifolia dan Cananga Odorata.

Cananga Latifolia memiliki ciri daunnya berbulu halus pada permukaan bawahnya, bentuk pohonnya bisa tinggi dan juga dapat berbentuk perdu, berbunga musiman, daunnya berbentuk  bulat telur pada pangkalnya bundar.

Sedangkan Cananga Odorata ciri umumnya daun yang tidak berbulu karena memiliki 2 forma, yakni forma macrophylla dan forma gina. Kekhasan forma macrophylla daunnya agak membundar dengan ukuran 20×20 cm, tajuk pohonnya berbentuk kerucut, cabang-cabangnya berdekataan dan pada pangkal batang terdapat lekukan. Sedangkan Cananga Odorata daunnya agak meruncing dengan ukuran 15×7 cm, tajuk pohonnya berbentuk kerucut langsing, masing-masing cabangnya tidak berdekatan, dan pada pangkal batangnya justru tampak tonjolan-tonjolan.

Berikut ini tahapan-tahapan dan cara menanam bunga kenanga dalam pot.

TAHAP PEMBIBITAN

Cara budidaya tanaman kenanga dapat dilakukan secara generatif dari biji dan secara vegetatif melalui stek dan cangkok.

Untuk mendapatkan bibit kenanga secara stek adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah cabang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda
  • Potong cabangnya lalu potong-potong lagi sekitar panjang 10 cm untuk setiap batang stek
  • Pangkal batang diiris miring agar permukaannya lebih luas, selanjutnya diolesi perangsang akar sehingga akan banyak akar yang terbentuk atau diolesi fungisida.
  • Kurangi sebagian daunnya agar mengurangi beban dan penguapan
  • Tancapkan batang stek pada media tumbuh yang terdiri dari campuran pasir dan tanah humus sedalam 3-4 cm
  • Lakukan penyiraman rutin pagi dan sore sampai bibit tumbuh subur dengan jumlah daun sekitar 10-12 helai
  • Bibit kenanga sudah siap ditanam di lahan pertanian atau ke dalam pot

TAHAP PENANAMAN

Jika akan menanam pohon kenanga dalam pot caranya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan pot, isi dasar pot dengan pecahan genting atau arang kayu
  • Siapkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1
  • Isikan media tanam ke dalam pot sebanyak 1/3 bagian pot
  • Tanam bibit kenanga dengan posisi tegak pada bagian tengah pot
  • Tambahkan lagi media sambil dipadatkan sampai sekitar 5 cm dari bibir pot
  • Siram sampai air keluar mengalir dari bagian bawah pot
  • Jika dilakukan perawatan dengan rutin tanaman kenanga dalam pot akan rajin berbunga, satu pohon kenanga dewasa paling tidak dapat menghasilkan 2-5 kg bunga setiap harinya
  • Pada umur 3 bulan lakukan pemupukan tanaman bunga kenanga, dan sebaiknya gunakan pupuk organik atau dapat ┬ápula diberi pupuk NPK, jika ditanam pada pot berikan pupuk NPK setengah sendok teh saja untuk setiap pot, kemudian ulangi lagi pemberian pupuk NPK pada umur 6 bulan sejak tanam dengan dosis dinaikkan menjadi 1 sendok teh per pot.
  • Lakukan pemupukan lanjutan setiap 2-3 bulan secara rutin.

PEMANGKASAN

Lakukan pemangkasan pada pohon kenanga, agar pohon tidak terlalu tinggi yaitu pada kisaran 5-8 m saja.

Pemangkasan pohon pada bagian atas ranting perlu dilakukan hingga pohon berumur 3 tahun, dengan demikian pohon kenanga tidak hanya tumbuh ke atas tapi juga ke samping sehingga menjadi lebih rindang dan dapat menghasilkan bunga lebih banyak.

PEMANENAN

Panen dapat dilakukan dengan memilih bunga yang benar-benar telah mekar sempurna yakni ditandai dengan warna kelopak bunga berwarna kuning tua dan harum yang menyengat. Karena kadar kandungan minyak atsiri yang tinggi dicapai pada malam hari maka sebaiknya panen bunga kenanga dilakukan pada pagi hari, agar cepat dapat tiba di tangan penyuling minyak atsiri.

Bagi para petani yang menekuni agribisnis bunga kenanga dapat dijadikan investasi yang menguntungkan yang akan terus menghasilkan. Dengan perawatan yang tidak sulit pohon kenanga produktif berbunga sepanjang tahun dan waktu panen yang melimpah yaitu setiap 3 bulan sekali.

Kandungan minyak atsiri dari bunga kenanga yang dihasilkan akan lebih banyak saat musim kemarau, dimana pada saat musim kemarau pohon kenanga berbunga lebih banyak dan helai daunnya lebih besar sehingga menghasilkan minyak yang lebih banyak juga.

Harga normal minyak atsiri dari hasil penyulingan bunga kenanga pada pasar luar negeri mencapai kisaran Rp.500-800 ribu/kg, dengan demikian tak heran jika pasar dunia selalu terbuka luas bagi petani bunga kenanga di Indonesia.

Demikianlah ulasan mengenai cara menanam bunga kenanga dalam pot yang bisa anda praktekkan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit bunga kenanga ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Jogja Talent Media