Cara Membuat Pupuk Organik Cair Fosfor

Pupuk organik cair atau POC adalah pupuk yang tersedia dalam bentuk cair, POC dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan dari hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan. Pupuk organik cair ini terdiri dari mikroorganisme yang berperan penting dalam membantu pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik cair ini dapat kita buat sendiri dengan bahan-bahan sederhana yang banyak tersedia di sekitar kita, bahkan dalam membuatnya dapat kita tentukan sendiri kandungan unsur haranya.

Dan pada kesempatan kali ini akan kita ulas bersama mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Cair Fosfor yang mana bahan utamanya adalah batang pisang.

Batang pisang yang selama ini menjadi limbah dan hanya dibuang percuma, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan POC yang memiliki kandungan dominan fosfor. POC fosfor bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah dan mencegah kerontokan bunga dan buah. Pupuk Organik Cair fosfor dari batang pisang ini dapat menggantikan pupuk SP36 dan sejenisnya.

Adapun Cara Membuat Pupuk Organik Cair Fosfor adalah sebagai berikut.

BAHAN DAN ALAT

  • 3 kg batang pisang yang telah dicacah
  • Starter (dekomposer), bisa menggunakan EM4 atau MOL (mikroorganisme lokal)
  • 1 ons gula merah, gula pasir atau molase, sebagai sumber energi/makanan bagi bakteri dari EM4/MOL
  • 10 liter air bersih
  • Ember kapasitas 20 liter

TAHAP PEMBUATAN

Haluskan gula merah, campurkan dengan 1 gelas air dan aduk hingga larut agar nantinya mudah tercampur dengan bahan yang lainnya.

Masukkan gula merah yang telah dihaluskan tersebut ke dalam 10 liter air, aduk hingga benar benar larut. Tambahkan pula starter berupa EM4 sebanyak 5 tutup botol atau jika menggunakan MOL sebanyak 300 ml sebagai pengurai, aduk kembali hingga tercampur merata. Diamkan air larutan dekomposer dan gula selama kurang lebih 20 menit agar bakteri pengurai pada EM4 yang tertidur/dorman dapat aktif kembali.

Masukkan cacahan batang pisang ke dalam ember kapasitas 20 liter yang telah disiapkan. Kemudian masukkan larutan dekomposer ke dalam ember berisi cacahan batang pisang tersebut, aduk hingga merata.

Tutup ember rapat rapat menggunakan plastik dan ikat menggunakan karet hingga kedap udara, diamkan selama 21 hari, akan tetapi penutup harus dibuka sebentar saja setiap harinya untuk mengeluarkan gas hasil dari proses fermentasi kemudian tutup kembali.

Setelah 21 hari penutup sudah dapat dibuka dan pupuk organik cair fosfor sudah jadi dan siap untuk diaplikasikan ke tanaman.

Adapun cara aplikasi pupuk organik cair atau POC dari batang pisang dilakukan dengan cara mengocorkannya di sekitar pangkal batang dan perakaran tanaman.

Dosisnya adalah 1 liter POC untuk dilarutkan ke dalam 10 liter air atau dengan perbandingan 1:10, sedangkan dosis aplikasinya adalah 100 ml per tanaman atau melihat usia dan ukuran tanaman, dengan interval pemberiannya adalah setiap 2 minggu sekali.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Cair Fosfor, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik cair, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK