Pupuk organik adalah pupuk yang sebagian atau seluruhnya berasal dari bahan organik baik itu tanaman ataupun hewan yang telah melalui proses rekayasa.

Jika dilihat dari segi bentuk, pupuk organik terbagi menjadi 2 jenis yaitu pupuk organik cair dan pupuk organik padat. Pembuatan kedua jenis pupuk ini cukup mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan keahlian khusus, bahkan dengan alat dan bahan yang murah dan mudah didapatkan di sekitar kita.

Pada artikel kali ini Kampus Tani tidak akan membahas keseluruhan cara pembuatan dari kedua pupuk organik tersebut, melainkan hanya POC atau pupuk organik cair.

Pupuk organik cair atau POC adalah pupuk yang tersedia dalam bentuk cair, POC dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan dari hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan. Pupuk organik cair ini terdiri dari mikroorganisme yang berperan penting dalam membantu pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik cair dapat dibuat dari berbagai macam bahan organik, diantaranya adalah kulit bawang.

Untuk mengetahui Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Bawang, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • Kulit bawang merah dan bawang putih dicampur saja, pada kesempatan kali ini kita menggunakan kulit bawang satu plastik ukuran sedang. Kulit bawang merah mengandung potasium atau kalium, zat besi, fosfor, magnesium dan minim unsur nitrogen. Kulit bawang mera h juga mengandung hormon pertumbuhan atau ZPT seperti hormon auksin dan hormon giberelin, hormon tersebut sangat berguna untuk merangsang atau memacu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sedangkan bawang putih mengandung hormon scordinin yang merupakan senyawa bioaktif yang dapat mempercepat pertumbuhan dan kandungannya setara dengan hormon auksin yang efektif mempercepat pertumbuhan tunas dan pengeluaran akar.
  • Gula merah 100 gram atau bisa juga menggunakan molase atau gula pasir, sebagai sumber energi bagi bakteri.
  • Air cucian beras atau air leri sebanyak 5 liter, fungsinya untuk tambahan karbohidrat. Takaran air cucian beras ini disesuaikan dengan banyaknya kulit bawang.
  • Starter (dekomposer), bisa menggunakan EM4 Pertanian (effective microorganisme 4) atau MOL (mikroorganisme lokal).
  • Ember yang memiliki tertutup
  • Jerigen

TAHAP PEMBUATAN

Tahap pertama haluskan gula merah dengan mencacahnya hingga halus agar nantinya dapat mudah larut.

Masukkan gula merah yang telah dihaluskan ke dalam air cucian beras, aduk hingga benar-benar larut.

Tambahkan pula starter seperti EM4 Pertanian atau MOL sebagai pengurai dengan dosis 100 ml untuk 5 liter air, aduk kembali hingga tercampur merata.

Masukkan kulit bawang ke dalam ember atau wadah sejenisnya yang memiliki tutup, masukkan larutan air cucian beras, gula dan em4 yang telah dibuat sebelumnya hingga merata ke seluruh bagian kulit bawang atau seluruhnya terendam air. Aduk dan remas-remas kulit bawang agar sari-sarinya keluar.

Tutup ember dan lakukan pemeraman selama minimal 3 hari, tujuan pemeraman ini adalah agar sari-sari dari kulit bawang semakin keluar.

Lakukan pengecekan dan pengadukan setiap 1 hari sekali, dan setelah 3 hari POC dari kulit bawang sudah bisa digunakan.

POC yang sudah jadi ditandai dengan perubahan warna dan tekstur dari kulit bawang tersebut. Sebelum digunakan, pisahkan kulit bawang dengan larutan POC, kemudian disaring dan dimasukkan ke dalam jerigen. POC dari kulit bawang siap untuk digunakan atau disimpan untuk digunakan di lain waktu.

CARA APLIKASI KE TANAMAN

Cara aplikasi pupuk organik cair atau POC dari kulit bawang dilakukan dengan cara mengocorkannya di sekitar pangkal batang tanaman.

Adapun dosisnya adalah 100 ml POC untuk dilarutkan ke dalam 10 liter air, sedangkan dosis aplikasinya adalah 100 ml per tanaman.

Dan untuk ampas atau sisa perasan kulit bawang dapat diaplikasikan langsung pada media di sekitar tanaman atau dijadikan kompos.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Bawang, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk organik, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Cara Bertani Organik