Cara Membuat Pupuk dari Eceng Gondok

Eceng gondok yang umumnya dianggap sebagai gulma ternyata dapat diolah menjadi pupuk organik padat yang sangat baik dan bermanfaat untuk tanaman.

Pupuk organik padat yang terbuat dari eceng gondok memiliki manfaat yang luar biasa bagi tanaman, karena eceng gondok ini mengandung senyawa yang bernama asam humat. Asam humat adalah senyawa khusus yang dapat menstimulasi dan mengaktifkan mikroorganisme di dalam tanah sehingga mikroorganisme tersebut dapat mengubah bahan-bahan organik menjadi unsur hara yang siap diserap oleh tanaman.

Dengan demikian asam humat tersebut dapat mengubah tanah yang gersang atau tandus menjadi tanah yang subur, sehingga asam humat ini disebut juga sebagai soil conditioner atau pembenah tanah.

Selain itu pupuk organik padat dari eceng gondok juga kaya akan kandungan unsur hara, khususnya unsur hara kalium yang dapat membuat tanaman tumbuh dengan kokoh, kuat dan tahan terhadap serangan hama penyakit. Dan pada proses pembuahan, unsur kalium inilah  yang berperan melakukan pengisian buah sehingga buah dapat menjadi besar secara maksimal dan dengan rasa yang enak. Selain kalium pupuk eceng gondok ini juga mengandung unsur hara yang lain seperti nitrogen, fosfor, kalsium dan natrium.

Untuk mengetahui bagaimana Cara Membuat Pupuk dari Eceng Gondok, berikut ini kami ulas penjelasan selengkapnya.

BAHAN DAN ALAT

  • 1 ember besar eceng gondok
  • 100 ml MOL atau EM4 Pertanian
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 liter air bersih
  • Karung

CARA PEMBUATAN

Potong-potong eceng gondok menjadi bagian-bagian kecil, gunakan seluruh bagiannya baik itu daun, batang dan akarnya.

Siapkan larutan dekomposer untuk mempercepat proses penguraian atau pengomposan. Caranya yaitu siapkan 1 liter air bersih, tambahkan 100 ml MOL atau EM4, tambahkan pula 2 sendok makan gula merah, aduk hingga tercampur merata. Sebelum digunakan terlebih dahulu diamkan larutan tersebut selama 20 menit agar mikroorganisme dari MOL/EM4 kembali aktif.

Siramkan larutan dekomposer tersebut sedikit demi sedikit pada eceng gondok sambil mengaduknya hingga tercampur merata namun jangan sampai terlalu basah.

Setelah itu masukkan ke dalam karung untuk proses fermentasi kemudian ikat rapat dan letakkan di tempat teduh dan diamkan selama 3-4 minggu.

Setelah 3-4 minggu fermentasi pupuk organik padat dari eceng gondok sudah jadi dan sudah dapat digunakan, yang ditandai dengan bentuknya sudah berubah dari kondisi semula, lebih halus dan lebih lembut/gembur, berwarna coklat sedikit gelap seperti tanah.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk dari Eceng Gondok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK


Posted

in

,

by