Pupuk organik cair atau POC adalah pupuk yang tersedia dalam bentuk cair, POC dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan dari hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan. Pupuk organik cair ini terdiri dari mikroorganisme yang berperan penting dalam membantu pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik cair dapat dibuat dari berbagai macam bahan organik, diantaranya adalah urin sapi, karena urin sapi mempunyai kandungan senyawa seperti nitrogen, fosfor, kalium dan juga air lebih banyak daripada kotoran sapi padat.

Selain berfungsi sebagai pupuk cair urin sapi juga berfungsi sebagai ZPT (zat pengatur tumbuh) bagi tanaman. Selain itu bau khas urine ternak dapat mencegah datangnya berbagai hama tanaman.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pupuk organik cair (POC) dari urine sapi memiliki 3 fungsi utama yaitu sebagai pupuk cair bagi tanaman, sebagai zat pengatur tumbuh tanaman dan juga sebagai pestisida nabati.

Urin sapi ini cukup mudah untuk didapatkan terutama bagi anda yang memelihara atau beternak sapi, karena dari 1 ekor sapi dewasa bisa menghasilkan urine 15 liter per hari.

Untuk mengetahui Cara Membuat POC dari Urin Sapi, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • 10 liter urin sapi
  • Starter (dekomposer), bisa menggunakan 100 ml EM4 Pertanian (effective microorganisme 4) atau 150 ml MOL (mikroorganisme lokal)
  • 100 ml molase, bisa juga menggunakan gula merah atau gula pasir yang dicairkan, fungsinya adalah sebagai sumber energi/makanan bagi bakteri.
  • 10 gram terasi, terasi ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk mikroorganisme dan tanaman.
  • Jerigen

TAHAP PEMBUATAN

Masukkan 10 liter urin sapi ke dalam jerigen yang telah disiapkan.

Masukkan 100 ml molase ke dalamnya, atau jika menggunakan gula merah maka harus dicairkan terlebih dahulu dengan cara menghaluskan/mencacahnya hingga halus agar mudah larut kemudian tambahkan sedikit air, aduk hingga larut.

Tambahkan pula starter seperti EM4 sebanyak 100 ml atau jika menggunakan MOL sebanyak 150 ml sebagai pengurai, aduk kembali hingga tercampur merata.

Tutup jerigen rapat-rapat hingga kedap udara, diamkan selama 1 minggu atau sekitar 7-8 hari untuk proses fermentasi, akan tetapi penutup harus dibuka sebentar saja setiapĀ  hari selama 1-3 menit untuk mengeluarkan gas hasil dari proses fermentasi kemudian tutup kembali.

Setelah 7-8 hari penutup sudah dapat dibuka dan POC dari urin sapi sudah jadi dan siap untuk digunakan.

POC dari urin sapi yang telah jadi ditandai dengan bau yang telah berubah dari aslinya yaitu dengan bau yang menyerupai tape.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat POC dari Urin Sapi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk organik, ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Kebun Organik