Cara Membuat Pestisida Alami Untuk Ulat

Untuk mencegah dan membasmi hama ulat pada tanaman budidaya, salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan mengaplikasikan pestisida baik itu pestisida kimia sintetis maupun pestisida alami. Pestisida kimia sintetis banyak dijual di toko-toko pertanian dan dapat dengan mudah diperoleh. Namun, seiring meningkatnya minat masyarakat akan pertanian organik, maka dalam penggunaan pestisida juga mulai banyak yang menggunakan pestisida organik atau pestisida alami.

Pestisida organik atau juga disebut dengan pestisida alami dapat dibuat secara mandiri dari berbagai macam bahan organik yang bermacam-macam jenisnya, dan salah satunya adalah kulit bawang merah. Kulit bawang merah dapat digunakan sebagai pestisida untuk ulat karena mengandung senyawa acetogenin. Pada konsentrasi tinggi senyawa tersebut memiliki keistimewaan sebagai antifeedant. Sehingga hama ulat atau serangga tidak lagi bergairah dan menurunnya nafsu makan.

Nah pada kesempatan kali ini akan kami ulas mengenai bagaimana Cara Membuat Pestisida Alami Untuk Ulat serta cara aplikasi dan dosisnya, berikut ini penjelasan selengkapnya.

BAHAN DAN ALAT

  • 1 piring penuh kulit bawang merah
  • ½ sendok makan garam dapur
  • 2-3 liter air bersih
  • Jerigen
  • Kompor dan panci untuk merebus

PROSES PEMBUATAN

Jemur kulit bawang merah selama 3-4 hari untuk mengurangi kadar airnya, setelah itu rebus kulit bawang tersebut agar khasiatnya sebagai pestisida lebih meningkat. Siapkan panci, masukkan 2-3 liter air bersih, masukkan kulit bawang merah yang telah dijemur lalu tambahkan setengah sendok makan garam dapur. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih dan sesekali mengaduknya sampai kulit bawang menjadi layu dan air rebusannya menjadi kehitaman.

Semakin lama direbus, pestisida yang dihasilkan nantinya akan semakin bagus pula. Dan juga semakin banyak kulit bawang yang digunakan semakin baik pula khasiatnya sebagai pestisida.

Setelah direbus, tunggu hingga dingin lalu masukkan air rebusan beserta kulit bawangnya ke dalam jerigen dan tutup rapat untuk proses fermentasi selama 6-7 hari.

Letakkan di tempat teduh yang terhindar dari sinar matahari atau bisa diletakan di dalam rumah. Dan setelah fermentasi selama 6-7 hari pestisida dari kulit bawang merah siap untuk digunakan sebagai pembasmi serta pencegahan hama ulat pada tanaman.

CARA APLIKASI

Sebelum digunakan, pestisida dari kulit bawang merah ini perlu dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Adapun dosisnya adalah untuk setiap 1 liter air, pestisida yang digunakan adalah 5 sendok makan.

Cara aplikasinya yaitu dengan disemprotkan ke seluruh bagian tanaman terutama pada tanaman yang terdapat ulat, atau pada tanaman yang belum terserang sebagai langkah pencegahan.

Untuk pencegahan, pestisida tersebut dapat diaplikasikan pada tanaman dengan interval pemberian 5 hari sekali, sedangkan untuk musim hujan dapat diaplikasikan 3 hari sekali dan dilakukan pada sore hari.

Pestisida alami dari kulit bawang merah ini dapat diaplikasikan ke berbagai jenis tanaman khususnya pada tanaman sayuran.

Kelebihan penggunaan pestisida kulit bawang ini selain bermanfaat untuk pengendalian hama ulat juga dapat bermanfaat menyuburkan tanaman terutama pada daunnya yang bisa menjadi lebih lebar.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pestisida Alami Untuk Ulat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube tanaman rumah