Cara Membuat Fungisida dari Kunyit

Budidaya tanaman secara organik, saat ini cukup banyak diminati, hal ini tidak lain karena produk pertanian yang dihasilkan lebih sehat karena terbebas dari residu bahan kimia.

Dalam budidaya tanaman secara organik ini salah satu komponen yang wajib ada adalah fungisida organik atau fungisida nabati untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh jamur atau cendawan, terutama pada saat musim hujan seperti saat ini dimana serangan penyakit akibat jamur patogen lebih tinggi dibandingkan saat musim kemarau.

Fungisida nabati ini mudah sekali pembuatannya, bahkan bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana dan mudah dijumpai di sekitar kita. Bahan tersebut adalah kunyit yang ditambahkan dengan bawang putih.

Untuk mengetahui bagaimana Cara Membuat Fungisida dari Kunyit, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

BAHAN DAN ALAT

  • 400 gram kunyit
  • 400 gram bawang putih
  • 5 liter air bersih
  • Panci untuk merebus
  • Saringan

Takaran bahan tersebut diatas hanya sebagai panduan saja, adapun jika hendak membuat dengan kuantitas lebih banyak atau lebih sedikit tinggal menyesuaikan saja dengan takaran tersebut diatas.

PROSES PEMBUATAN

Bersihkan kunyit dari tanah yang masih tersisa di kulitnya, lalu haluskan kunyit dan bawang putih dengan cara menumbuk atau memblendernya.

Siapkan panci berisi air 5 liter, lalu masukkan kunyit dan bawang putih yang telah halus tersebut dan aduk hingga merata.

Selanjutnya rebus hingga tersisa 40% nya, misalnya jika keseluruhan bahan tersebut 5 liter maka perebusan dilakukan hingga tersisa 2 liter dan jika 1 liter maka rebus hingga tersisa 400 ml dan sebagainya. Perebusan ini bertujuan agar bahan-bahan organik tersebut dapat terekstrak dengan lebih maksimal.

Setelah dingin, saring untuk memisahkan cairan dengan ampasnya. Penyaringan ini sebaiknya menggunakan kain agar ampasnya benar-benar tersaring maksimal sehingga nantinya saat diaplikasikan tidak menyumbat nozzle sprayer.

Setelah disaring, fungisida organik dari kunyit dan bawang telah siap digunakan, atau jika tidak sekali habis dapat disimpan untuk digunakan di lain waktu, namun harus disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan diletakkan di tempat yang teduh, terhindar dari sinar matahari dan hujan.

DOSIS DAN CARA APLIKASI

Sebelum digunakan, fungisida organik ini terlebih dahulu harus diencerkan dengan air bersih. Adapun dosisnya adalah 40-50 ml untuk dilarutkan ke dalam 14 liter air. Dan diaplikasikan dengan cara menyemprotkannya pada tanaman untuk mengendalikan jamur/patogen penyebab penyakit.

Demikian ulasan mengenai cara membuat fungisida dari kunyit, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli fungisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ARIP ANG