Hal pertama yang harus anda lakukan dalam budidaya bengkuang yaitu menyiapkan benih dengan kualitas baik untuk disemai dijadikan bibit. Untuk mendapatkan benihnya cukup mudah, bahkan anda dapat membuatnya sendiri.

Pembuatan benih bengkuang ini tidak serta-merta diambil dari biji bengkuang pada lahan budidaya, selain kualitasnya yang kurang bagus pada budidaya lahan bengkuang biasanya dilakukan pemangkasan rutin agar pertumbuhan tanaman terfokus pada pembesaran umbi sehingga tanaman yang sampai berbunga hanya sedikit.

Untuk mengetahui Cara  Membuat Bibit Bengkuang yaitu dengan mempersiapkan benih/bijinya, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Pembuatan benih bengkuang dapat dilakukan dengan 2 cara, dimana kedua cara tersebut mudah untuk dilakukan.

Cara pertama yaitu dengan memilih tanaman bengkuang yang baik dan sehat pada lahan budidaya untuk dijadikan tanaman induk. Tanaman bengkuang untuk bibit atau tanaman induk adalah tanaman bengkuang yang tidak di panen untuk buah, tetapi dipanen untuk diambil bijinya, dalam perawatannya tidak dilakukan pemangkasan pada tanaman yang menjalar dan bunganya sehingga menghasilkan biji yang baik. Pasang ajir untuk merambatkan tanaman bengkuang tersebut. Rawatlah tanaman bengkuang tersebut agar tumbuh subur hingga berbunga dan biarkan bunganya hingga menjadi polong semacam buncis, setelah polong sudah cukup tua dan kering anda bisa memetiknya untuk diambil bijinya dan dijadikan sebagai benih.

Sedangkan cara kedua adalah dengan menanam umbi bengkuang yang memiliki ukuran besar, bagus dan sudah tua yang ditandai dengan tekstur kulit lebih kasar dan kering untuk ditanam dan dijadikan tanaman induk. Biarkan bengkuang terpilih tersebut di tempat yang sejuk hingga bertunas, kemudian tanam umbi bengkuang tersebut pada media tanam berupa tanah dan pupuk. Lakukan perawatan dengan baik agar tanaman tumbuh subur hingga tanaman bengkuang berbunga dan menghasilkan polong, dan setelah polong cukup tua dan kering anda bisa memetiknya untuk diambil bijinya dan dijadikan sebagai benih. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa tanaman bengkuang untuk bibit atau tanaman induk adalah tanaman bengkuang yang tidak di panen untuk buah, tetapi dipanen untuk diambil bijinya, dalam perawatannya tidak dilakukan pemangkasan pada tanaman yang menjalar dan bunganya sehingga menghasilkan biji yang baik. Lakukan pemasangan ajir untuk merambatkan tanaman bengkuang tersebut.

Dari kedua cara pembuatan benih di atas cara kedua yaitu dengan menanam umbi bengkuang yang besar dan bagus merupakan cara pembuatan benih bengkuang yang lebih baik dan banyak digunakan oleh para petani pembudidaya bengkuang.

Demikian ulasan mengenai cara membuat bibit bengkuang, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih bengkuang ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com