Cara Membuahkan Jambu Air Citra dalam Pot

Saat tanaman jambu air citra memasuki fase generatif seharusnya tumbuh bunga kemudian menjadi buah, namun jika tidak kunjung berbunga juga itu salah satunya disebabkan karena unsur nitrogen (N) pada fase vegetatif tidak terkendali. Dimana seharusnya saat tanaman masuk pada fase generatif, unsur nitrogen harus dikendalikan dan diganti dengan unsur P dan K.

Namun demikian ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk membuahkan atau mempercepat pertumbuhan bunga agar tumbuh menjadi buah pada jambu air citra yang ditanam dalam pot. Tahapan-tahapan tersebut adalah cek akar, penyetresan tanaman, penyiraman serta pemupukan.

Berikut ini penjelasan mengenai Cara Membuahkan Jambu Air Citra dalam Pot beserta tahapan-tahapannya secara lengkap.

CEK AKAR

Cek akar atau pemantauan akar ini dilakukan untuk mengetahui apakah akar tanaman jambu air citra yang ditanam dalam pot menembus pot dan menjalar ke tanah langsung atau tidak. Dan jika benar akar menembus ke tanah maka harus segera dipotong karena jika tidak maka pertumbuhan tanaman akan terfokus pada pertumbuhan vegetatif saja sehingga pertumbuhan bunga dan buah akan lebih lama.

Cek akar ini dilakukan secara rutin paling tidak 1 bulan sekali.

PENYETRESAN TANAMAN

Penyetresan tanaman atau biasa disebut dengan stres air ini dilakukan dengan mengurangi penyiraman pada tanaman jambu air citra yang ditanam dalam pot. Teknisnya yaitu jika biasanya penyiraman pada jambu air citra dalam pot ini sebanyak 1 ember untuk setiap harinya, maka untuk penyetresan ini penyiraman cukup ¼ ember saja per harinya. Proses penyetresan ini dilakukan selama 2 minggu.

Proses penyetresan dikatakan berjalan dengan baik atau berhasil manakala setelah 2 minggu pengurangan air, pada sebagian atau setengah daun dari tanaman jambu air citra menguning. Namun jika yang terjadi malah semua daun menguning maka penyetresan harus segera dihentikan dan penyiraman dilakukan normal kembali agar tanaman kembali tumbuh sehat dan penyetresan dapat dilakukan kembali.

Related Post

Akan tetapi jika dalam proses penyetresan selama 2 minggu daun tetap segar dan tidak ada yang menguning maka proses penyetresan diperpanjang 2 minggu lagi hingga sebagian atau separuh daun dari tanaman menguning.

PEMUPUKAN

Setelah penyetresan tanaman berhasil, tahap selanjutnya adalah melakukan pemupukan untuk merangsang pembungaan dan pembuahan. Dalam hal ini pupuk yang diberikan adalah pupuk MKP (mono kalium phospat). Pupuk ini mengandung 2 unsur hara penting yang cukup tinggi yaitu P dalam bentuk phospat 52% dan K dalam bentuk kalium oksida 34%. Pupuk MKP berwarna putih berbentuk seperti kristal dan mudah sekali larut dalam air.

Manfaat pupuk MKP bagi tanaman diantaranya adalah merangsang pertumbuhan bunga, mempercepat dan memacu pertumbuhan bunga, mempercepat pertumbuhan akar, meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan penyakit, menjaga kandungan hara pada tanah dan masih banyak lagi.

Cara aplikasi atau pemberian pupuk MKP ini adalah dengan cara dilarutkan ke dalam air untuk kemudian dikocorkan atau disiramkan ke media tanam dalam pot.

Adapun dosis aplikasinya disesuaikan dengan ukuran tanaman. Misalnya untuk tanaman jambu air citra yang berukuran lebih kecil dari lengan orang dewasa dosisnya adalah 5 gram pupuk MKP atau sekitar 1 sendok teh untuk dilarutkan ke dalam 1-2 liter air untuk diberikan pada 4 tanaman. Sedangkan interval pemberiannya adalah setiap 10-14 hari sekali.

Demikian ulasan mengenai cara membuahkan jambu air citra dalam pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman jambu citra ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Hortikultura Nusantara