Tanaman alpukat yang sudah berbuah umumnya memiliki postur tanaman yang telah tinggi dan besar dan ditanam di lahan atau di kebun. Jika melihat hal tersebut lantas apakah tanaman alpukat yang masih kecil dan juga ditanam dalam pot tidak dapat berbuah?

Tentu tidak demikian, karena pada faktanya meskipun tanaman alpukat masih kecil atau masih muda ternyata dapat dibuahkan, namun dengan teknik dan syarat tertentu yang harus dipenuhi sebelum dilakukan proses pembuahan.

Apa saja syaratnya dan bagaimana cara membuahkan tanaman alpukat yang ditanam dalam pot, berikut ini penjelasan selengkapnya.

  1. Bibit bukan dari penanaman biji, melainkan bibit hasil sambung pucuk, okulasi dan sebagainya. Karena bibit yang ditanam dari biji secara langsung, memiliki usia atau fase berbuah yang cukup lama. Atau jika bibit yang digunakan dari hasil penanaman biji terlebih dahulu harus diberi perlakuan seperti misalnya sambung pucuk, okulasi dan sebagainya.
  2. Postur tanaman harus vigor, kokoh atau kuat, maka dari itu sebelum tanaman alpukat dalam pot dilakukan pembuahan terlebih dahulu buatlah tanaman tumbuh subur, vigor datau kuat dengan besar batang minimal sebesar jari telunjuk orang dewasa, karena jika batang tanaman masih kecil sudah dibuahkan menjadikannya kurang normal seperti ketika berbunga daun-daunnya akan rontok.
  3. Tanaman ditanam dalam pot atau planterbag, dengan ukuran minimal tempat penanaman baik itu pot, polybag atau planterbag yaitu diameter 30 cm.
  4. Tempatkan tanaman alpukat yang akan dibuahkan pada tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari secara langsung namun tidak di dalam ruangan.
  5. Lakukan stres air, caranya adalah dengan menyiram tanaman secukupnya kemudian biarkan tanaman tanpa penyiraman (namun tetap di tempat teduh) selama 3-4 bulan, akan tetapi jika tanaman terlihat layu parah maka lakukan penyiraman namun sedikit saja dan jika tidak layu maka pertahankan untuk tidak disiram. Dan setelah 4 bulan biasanya tanaman alpukat sudah mulai muncul bunga dan juga sudah dapat dilakukan penyiraman normal.

Dan perlu diketahui bahwa tanaman alpukat yang ditanam pada ketinggian 500-700 mdpl ke atas itu lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan tanaman alpukat yang ditanam pada ketinggian 500 mdpl ke bawah.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuahkan Alpukat dalam Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman alpukat ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Bibit Buahku dot com