Cara Aplikasi PGPR

Bakteri PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) merupakan bakteri yang berkoloni di sistem perakaran tanaman. Jadi bakteri ini menyelimuti akar tanaman, berkoloni dan berkembang biak disana. Dan sambil berkembang biak, bakteri PGPR ini menghasilkan enzim dan hormon yang sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam semua fase pertumbuhannya, baik itu fase pertumbuhan vegetatif maupun generatif. Selain itu bakteri PGPR juga bisa memfiksasi nitrogen, mengambil nitrogen dari alam, sehingga dengan demikian keberadaan bakteri ini dapat menyuplai nitrogen ke akar tanaman.

Jadi manfaat dari bakteri PGPR ini bagi tanaman sangat luar biasa, dan terutama bagi petani organik bisa dikatakan wajib menggunakan bakteri ini pada tanaman budidayanya.

Agar bakteri PGPR tersebut dapat memberikan manfaat yang optimal bagi tanaman maka dalam pengapliakasiannya harus dilakukan dengan benar dan tepat. Nah Bagaimana Aplikasi PGPR tersebut? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Setelah pembuatan isolat atau biang bakteri PGPR selesai dan berhasil yang ditandai adanya lapisan putih seperti jamur/buih putih di permukaan media pembuatannya, itu artinya bakteri PGPR sudah siap diaplikasikan pada tanaman.

Sebelum diaplikasikan, terlebih dahulu larutkan bakteri PGPR ini ke dalam air dengan perbandingan 1:50. Misalnya untuk 100 ml bakteri PGPR dapat dilarutkan dengan 5 liter air. Adapun cara aplikasinya adalah dengan mengocorkannya ke media tanam sekitar perakaran tanaman.

Dalam pengaplikasian bakteri PGPR ini yang terpenting adalah penggunaan wadah yang steril baik itu wadah penyimpanan, wadah pencampuran ataupun gelas takarnya. Salah satu cara mensterilkan wadah yang digunakan adalah dengan cara merendamnya ke dalam air panas.

Sebagai tambahan informasi, bahwa bakteri PGPR ini dapat dibuat dengan mengambil atau mengisolasinya dari beberapa bahan sumber bakteri PGPR tersebut, diantaranya adalah akar bambu, akar putri malu, akar rumput gajah, akar ilalang dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat atau lebih tepatnya mengisolasi bakteri PGPR, silakan baca pada artikel kami sebelumnya yaitu Cara Membuat PGPR dari Akar Bambu atau Cara Membuat PGPR dari Akar Putri Malu.

Demikian ulasan mengenai cara aplikasi PGPR, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Lombok Organik