Busuk buah cabe merupakan salah satu jenis gejala serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) penyebab penyakit. Busuk buah bisa menyerang buah cabe yang masih muda maupun buah cabe yang sudah tua dan hampir matang. Penyakit busuk basah pada cabe jika sudah terlanjur meluas dan parah akan sulit dikendalikan, bahkan pada beberapa kasus, penyakit ini bisa menyebabkan gagal panen secara total. Oleh sebab itu, tindakan pencegahan seharusnya dilakukan sedini mungkin.

Penyakit busuk buah cabe berdasarkan penyebabnya, terbagi menjadi dua, yakni busuk buah yang disebabkan bakteri dan busuk buah karena serangan lalat buah. Kedua jenis organisme pengganggu tanaman (OPT) tersebut sama-sama menyebabkan busuk pada buah cabe akan tetapi memiliki ciri-ciri atau gejala yang berbeda.

Pada artikel kali ini akan kita ulas mengenai Cara Ampuh Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe yang disebabkan oleh lalat buah.

Lalat buah adalah serangga yang suka menyerang buah-buahan, berwarna kuning kecoklatan dan tubuhnya mirip dengan tawon/lebah. Lalat buah yang menyerang buah cabe adalah lalat buah dewasa yang berjenis kelamin betina. Sedangkan lalat buah jantan sama sekali tidak mengganggu tanaman. Lalat buah betina dewasa ketika memasuki masa reproduksi akan menyimpan telur-telurnya di dalam buah cabe. Telur-telur tersebut dalam beberapa hari akan menetas dan menjadi larva berbentuk seperti ulat-ulat kecil berwarna putih. Larva lalat buah akan bertahan hidup di dalam buah inangnya dengan memakan daging buah sampai menjadi lalat buah dewasa. Lalat buah menyerang buah cabe yang masih muda maupun buah cabe yang sudah matang atau hampir matang.

Gejala serangan ditandai dengan buah yang menguning pada tangkai, ujung dan tengah buahnya dan jika diperhatikan terdapat titik hitam pada buah cabe yang merupakan tempat lalat betina dewasa memasukkan telur.

Jika terlihat tanda-tanda serangan lalat buah maka harus segera melakukan pengendalian sebelum serangan menyebar luas. Adapun pengendalian yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Menanam cabai jauh dari tanaman inang lalat buah, seperti timun, terong, tomat atau semangka.
  • Tidak menanam pada bekas tanaman terong, tomat, timun atau semangka. Kecuali lahan sudah benar-benar steril dari sisa-sisa tanaman terdahulu
  • Rotasi tanaman
  • Pemusnahan buah terserang dengan cara menguburnya atau membuang jauh
  • Penggunaan perangkap petrogenal/lem lalat buah
  • Pemanfaatan musuh alami antara lain parasitoid larva, semut
  • Pengendalian secara kimiawi

Untuk pengendalian secara kimiawi yaitu dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif profenofos 500 g/l. Berikut ini contoh dosis dan cara aplikasinya :

Sebagai contoh kita akan menggunakan insektisida curacron yang akan dilarutkan dengan 5 liter air. Untuk insektisida jenis ini dosisnya adalah 1,5-3 ml/l sehingga untuk 5 liter air membutuhkan 15 ml, bisa juga ditambahkan sedikit perekat sekitar 5 ml.

Masukkan insektisida ke dalam air, aduk hingga tercampur merata, dan larutan insektisida siap disemprotkan.

Penyemprotan dilakukan menggunakan sprayer dari bawah ke atas agar lebih efektif dan sebaiknya dilakukan pada sore hari yaitu antara pukul 4-6 sore.

Selain pengendalian menggunakan insektisida, lakukan pula pemupukan susulan untuk memperkuat daya tahan tanaman supaya tidak mudah terserang hama maupun penyakit, adapun jenis pupuk dan dosis yang diberikan adalah sebagai berikut :

  1. Pupuk kalsium dengan dosis 1 sendok makan, pupuk ini mengandung hara kalsium sangat penting untuk proses fotosintesis, pertumbuhan dan perkembangan tanaman agar optimal. Mampu melindungi tanaman dari serangan jamur yang biasa muncul di lingkungan asam/lembab/musim hujan dan juga menjaga ketersediaan hara dalam tanah.
  2. Pupuk NPK dengan dosis 3 sendok makan.

Dosis tersebut untuk dilarutkan dengan 10 liter air, masukkan pupuk ke dalam air aduk hingga benar-benar larut.

Aplikasi pupuk susulan ini dilakukan dengan cara dikocorkan melingkar di sekitar pangkal tanaman dengan dosis 400 ml per tanaman atau sekitar 2 gelas air mineral.

Demikian ulasan mengenai Cara Ampuh Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih cabe, pestisida, pupuk maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN