Permintaan pasar akan komoditi yang satu ini yakni terong tak pernah sepi, karena tingkat konsumsi di masyarakat cukup tinggi. Melihat peluang ini tentu merupakan pilihan yang bijak jika anda memulai usaha budidaya tanaman terong tersebut.

Tanaman terong ungu juga dapat dibudidayakan secara organik yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia, sehingga terong yang dihasilkan merupakan sayuran sehat dan terbebas dari kontaminasi bahan kimia. Adapun tahapan dalam budidaya terong ungu organik adalah sebagai berikut.

Syarat tumbuh

Pada dasarnya budidaya terong sangat mudah dilakukan, namun agar mendapatkan hasil maksimal anda perlu memperhatikan syarat tumbuhnya.

Adapun syarat tumbuh terong antara lain, iklim terbuka dengan tingkat kelembaban 40%, kebutuhan curah hujan sampai 1000 mm/bulan, kebutuhan air yang cukup, tanah yang gembur serta unsur tanah yang mengandung unsur hara untuk kebutuhan pertumbuhannya.

Tahap pengolahan lahan

Gemburkan tanah dan buat bedengan-bedengan, tujuan pembuatan bedengan ini adalah agar tingkat pertumbuhan akar tanaman menjadi lebih baik dan terbebas dari banjir dan juga akan lebih mempermudah proses pemeliharaan.

Campurkan kotoran hewan yang sudah difermentasi pada bedengan sebagai pupuk dasar, kotoran hewan dipakai karena lebih bisa mengikat air. Selain itu tambahkan pula sedikit urea atau phonska untuk menambah unsur hara yang dibutuhkan tanaman tersebut.

Pengolahan lahan ini dilakukan 1 bulan sebelum penanaman bibit.

Persemaian benih dan penanaman

Untuk proses awal penanaman benih yang telah tersedia terlebih dahulu direndam selama 1 malam dengan air hangat kuku, kemudian di hari berikutnya dilakukan penyemaian. Setelah penyemaian bibit berumur 7 hari, bibit tersebut sudah tumbuh dan dapat dipindahkan ke dalam polybag berukuran kecil.

Kemudian setelah bibit berumur 20 hari, bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Jarak tanam antara tanaman terong satu dengan yang lainnya berjarak 60×70 cm antar tanaman sehingga pada pertumbuhan nantinya tidak saling menaungi.

Waktu terbaik pemindahan bibit terong tersebut adalah pada musim kemarau, pilihlah bibit yang sehat tanpa cacat apapun.

Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan selama masa penanaman dapat menggunakan pemupukan yang bersifat semi organik, jadi tidak mutlak organik karena tanaman ini membutuhkan unsur makro yang lumayan banyak.

Pada usia 4 minggu tanaman terong yang sehat akan terlihat bermunculan tunas air yang menempel pada batangnya. Tunas-tunas air tersebut harus segera dibuang, karena jika dipertahankan tunas ini akan banyak memakan nutrisi dan cenderung tidak menghasilkan.

Pengendalian hama dan penyakit

Dalam budidaya terong ungu organik tidak lepas dari serangan hama dan penyakit, seperti ulat yang merusak batang, lalat buah dan thrips.

Untuk penanggulangannya yaitu dilakukan pengendalian sebelum tanaman diserang menggunakan larutan organik tertentu seperti tembakau dan daun sirih untuk disemprotkan pada tanaman agar tidak diserang.

Sementara untuk hama seperti kumbang, lalat buah, kepik dan sebagainya dapat digunakan perangkap hama berupa perekat.

Proses pertumbuhan dan pembuahan

Pertumbuhan vegetatif tanaman terong dimulai dari penanaman sampai memproduksi bunga, biasanya pada umur tanaman terong 4-5 minggu, bahkan jika perawatan dan aplikasi pupuk dilakukan dengan baik dan benar, pada usia 5 minggu taman terong ini sudah mulai berbuah.

Tanaman terong yang sehat dapat dilihat dari warna daun yang berwarna hijau pekat dan lebar serta lingkar batang yang kokoh dan besar yang mengindikasikan tanaman subur.

Tanaman terong berbuah secara tidak serentak pada setiap dahan, akan tetapi pada setiap ruas akan menumbuhkan bunga dan buah secara berkala.

Untuk masa panen awal, pada usia 2 bulan terong sudah bisa dipanen, namun karena hasil produksinya bertingkat/tidak serempak, panen dapat dilakukan 2-3 hari sekali dengan umur produktif sampai 4 bulan.

Demikian ulasan mengenai budidaya terong ungu organik, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih terong ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube BBPLUS COMPANY