Zodia (Evodia suaveolens) adalah tumbuhan yang tergolong dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) dan merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua, akan tetapi saat ini tanaman zodia sudah mulai dibudidayakan di berbagai tempat.

Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua sebagai pengusir serangga dan nyamuk dengan cara mengusapkan daun zodia ini ke seluruh tubuh.

Tanaman Zodia akan mengeluarkan aroma yang khas bila daun-daunnya saling bergesekan. Aroma yang keluar akibat pergesekan daun zodia inilah yang tidak disukai dan mampu mengusir nyamuk.

Pemanfaatan tanaman zodia sebagai pengusir nyamuk ini cukup menanamnya di pot yang ditaruh di sudut ruangan atau dekat jendela, sehingga selain dapat memperindah ruangan, sekaligus mempunyai khasiat sebagai pengusir nyamuk.

Pada umumnya tanaman ini ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan, namun tanaman zodia juga dapat ditanam di luar ruangan seperti di halaman rumah.

Tanaman zodia dapat diperbanyak dengan cara generatif atau dari bijinya dan vegetatif seperti stek batang. Akan tetapi pada artikel kali ini KampusTani tidak akan membahas keduanya melainkan hanya perbanyakan tanaman zodia melalui stek batang.

Stek atau stek batang adalah metode perbanyakan tanaman dengan menanam potongan batang tanaman induk sehingga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru.

Metode stek ini banyak dipilih karena cukup mudah untuk dilakukan dan lebih hemat dalam menggunakan entres dari tanaman induk. Selain itu keuntungan dari stek adalah tanaman yang baru akan memiliki sifat yang sama dengan sifat induknya dan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan jika ditanam dari bijinya.

Untuk mengetahui Cara Stek Tanaman Zodia, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

SIAPKAN ALAT DAN BAHAN

  • Ranting atau dahan tanaman zodia¬† yang sehat, terhindar dari serangan hama dan penyakit dengan usia dahan sedang yaitu tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.
  • ZPT dari bahan bawang merah sebagai perangsang akar alami. Untuk mengetahui cara membuat ZPT bawang merah silakan baca Cara Membuat ZPT dari Bawang Merah.
  • Media tanam stek berupa tanah yang gembur dan subur, pupuk kompos/pupuk kandang fermentasi dan arang sekam.
  • Wadah media tanam berupa cup atau gelas plastik transparan agar perkembangan akar dapat dipantau, atau bisa juga menggunakan polybag kecil atau pot.
  • Plastik transparan untuk menyungkup.

PERSIAPAN BATANG STEK

Potong ujung batang/ranting tanaman zodia yang akan distek dengan panjang kurang lebih 20 cm.

Sayat meruncing pada pangkal batangnya dan sayat kulit batangnya hingga terkelupas dengan beberapa sayatan, untuk memudahkan tumbuhnya akar nantinya.

Rendam batang stek pada larutan ZPT bawang merah yang telah diencerkan dengan air dengan perbandingan pencampurannya adalah 1:10 atau 1 bagian ZPT dan 10 bagian air.

Bawang merah digunakan sebagai ZPT karena pada bawang merah mengandung Vitamin B1 (Thiamin) dan Allicin yang berguna untuk pertumbuhan tunas. Selain itu umbi bawang merah juga mengandung ZPT Auxin dan Rhizokalin yang dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman.

MEDIA TANAM STEK

Sembari menunggu perendaman batang stek, terlebih dahulu siapkan media tanam. Media tanam yang digunakan yaitu tanah yang gembur dan subur, pupuk kompos/pupuk kandang fermentasi dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, campurkan dengan mengaduknya hingga merata. Masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan, yaitu berupa polybag atau wadah sejenis lainnya.

PENANAMAN BATANG STEK

Tanam batang stek pada media yang telah disiapkan tersebut, sedikit padatkan agar batang stek erat tertanam dan tidak goyang, kemudian siram media menggunakan air sisa rendaman, cukup hingga media lembab saja jangan sampai becek. Sungkup menggunakan plastik transparan selama 2 minggu.

Letakkan pada tempat yang teduh tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung.

Setelah stek berumur kurang lebih 2 minggu, biasanya sudah mulai tumbuh tunas dan akar.

Demikian ulasan mengenai cara stek tanaman zodia, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman zodia ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com