Kendala yang biasa dialami para pemula dalam budidaya kelinci diantaranya kelinci mati karena mencret atau bahkan mati mendadak tanpa tau apa sebabnya. Salah satu penyebabnya adalah kurang teliti saat membeli kelinci.

Oleh karena itu sebelum membeli kelinci untuk dibudidayakan, sebaiknya anda mengetahui bagaimana membeli kelinci yang benar.

Adapun tips membeli kelinci untuk budidaya bagi pemula diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih kelinci yang paling murah harganya dan satu pasang saja, tujuannya untuk meminimalkan kerugian jika terjadi kegagalan.
  2. Belilah kelinci di peternak langsung jangan beli di pasar karena dengan begitu kita lebih bebas memilih dan bisa sharing tentang perawatan kelinci yang akan dibeli sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan dalam merawat kelinci tersebut, sehingga kita tinggal meneruskan perawatan sesuai dengan perawatan sebelumnya.
  3. Saat membeli kelinci, tanyakan jenis makanan dan pola makan yang biasanya diberikan pada kelinci yang akan dibeli, sehingga meminimalkan resiko kematian karena kesalahan memberi pakan.

Demikian tips membeli kelinci untuk budidaya bagi pemula, dengan tujuan untuk meminimalkan terjadinya kegagalan dalam budidaya.

Anda bisa bergabung dengan komunitas peternak (Komunitas HCS) untuk sharing mengenai budidaya ternak lele, ternak unggas ataupun ternak lainnya, klik di sini untuk bergabung.

Semoga bermanfaat.